MGMP IPA BANDUNG BARAT GELAR WORKSHOP TPACK

 

Bandung Barat-(Newsroom). Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)  IPA SMP Kab. Bandung Barat menyelenggarakan workshop Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Literasi, 4C dan TPACK (Technoligical Pedagogical and Content Knowledge). Kegiatan yang diikuti 139 guru IPA se KBB dan sejumlah guru dari Cirebon,  Kuningan serta dari Sumatera Utara tersebut, dilaksanakan secara virtual melalui apikasi zoom meeting, google drive, dan whatsapp grup  berlangsung dari 28 Desember s.d. 4 januari 2021.

Kepala Bidang Pend. SMP, Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat, Dadang A Sapardan. dalam sambutannya, memnyampaikan  pesan kepada seluruh partisipan agar memanfaatkan semaksimal mungkin media IT untuk pembelajaran.
“Saya berharap dengan kegiatan ini guru-guru dapat memanfaatkan berbagai media IT dalam pembelajaran, supaya dapat memfasilitasi dan mendorong siswa untuk tetap bersemangat dan tidak bosan dalam belajar dimasa pandemi,” ungkapnya saat membuka kegiatan.
Sementara itu,  Ketua MGMP IPA Kab. Bandung Barat, Wiwi Marwiyah, berharap bahwa kegiatan workshop meruoakan langkah awal untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran yang ideal di semester genap. Selain itu juga untuk  memudahkan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
“Kami berharap mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan profesionalitas guru dan memudahkan dalam pembuatan perangkat pembelajaran sehingga proses pembelajaran di masa pandemi  ini tetap berjalan sesuai harapan,” tuturnya.

Ditambahkannya bahwa kegiatan di atas didukung penuh oleh Ketua Sanggar IPA KBB, Agus Samsu Permana.

Agus berharap agar hasil kegiatan ini dapat membuat suasana belajar bahagia melalui penggunaan IT dalam pembelajaran.
“Saya sangat mendukung kegiatan ini dan berharap bahwa guru dapat mengajar dengan memaksimalkan media teknologi yang ada,sehingga siswa senang dalam belajar IPA,” ungkapnya.

Lebih jauh disampaikan bahwa workshop ini dibagi menjadi dua pertemuan. Pertemuan ke-satu dilaksanakan pada  28 Desember 2020 dengan agenda peserta mendengarkan pemaparan materi yang disampaikan oleh Nanang Saiful Anwar, Wiwi Marwiyah, Tuti Siti Fajar, Citra Roska Awaliyah, Tuti Utami, Arnie Riska Amanda.

Kegiatan tersebut dibimbing oleh Host, yakni Desty Badrianti. Semenyara materi yang dibahas, antara lain Asesmen Kompetensi Minimum, cara pembuatan RPP berbasis Literasi, 4C dan TPACK (Pembelajaran yang melibatkan pengetahuan guru tentang bagaimana memfasilitasi siswa melalui pendekatan Pedagogik dan teknologi),membuat bahan ajar berbasis IT,membuat LKPD berbasis TPACK, serta merancang penilaian HOTS berbasis literasi.

Selanjutnya,  peserta melakukan on the job learning dan pendampingan via Grup Whatsapp selama satu minggu dan mengumpulkan tugas-tugas melalui google drive yang diperiksa oleh narasumber untuk diberikan masukan dan perbaikan.

Krmudian pada pertemuan ke dua pada 4 Januari 2021, seluruh peserta mempresentasikan tugas-tugasnya dalam beberapa kelompok. Setiap peserta workshop diberikan sertifikat workshop dan seminar, jika peserta mengikuti kegiatan penuh disertai pembuatan peta pembelajaran.

Workshop di atas  mendapat apresiasi dari salah satu peserta yang merupakan guru di SMPN 2 Ciawigebang Kuningan Jawa Barat, Tatang Suherman. Dirinya merasa bersyukur dan sangat termotivasi untuk mengimplrntasikannya dalam kegiatan pembelajaran.
“Alhamdulillah, saya bersyukur dan berterimakasih kepada seluruh panitia atas terselenggaranya workshop yang telah memberikan saya semangat dan gairah serta wawasan pengetahuan baru yang luar biasa, karena narasumber menyampaikan materinya dengan cara interaktif dan mudah dipahami, dan pada akhirnya membuat RPP dan LKPD yang baik itu ternyata membutuhkan ketelitian,, kesabaran dan tak kalah pentingnya adalah team work,” pungkasnya. ***

Berita: Riska Mutoara

Sumber Berita:dan Foto Desty Badrianti (Pengurus MGMP IPA KBB/SMP YP Mustika Padalarang) .

Editor: Adhyatnika Geusan Ulun

DAPATKAN SEGERA BUKU-BUKU PILIHAN KARYA PRAKTISI,  AKADEMISI,  DAN SEKALIGUS BIROKRAT YANG KONSISTEN DALAM DUNIA PENDIDIKAN

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *