KONTINGEN 02SN SIAP HARUMKAN BANDUNG BARAT

Ngamprah KBB-Meningkatkan dan mengembangkan peserta didik dipengaruhi sejumlah faktor, salah satunya adalah lingkungan belajar. Disamping peran sentral guru sebagai pemimpin pembelajaran yang berpengaruh dalam melahirkan peserta didik yang unggul dan berkarakter.

Demikian disampaikan Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Rustiyana, saat melepas kontingen Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Kab. Bandung Barat (KBB) yang akan berkompetisi untuk tingkat Prov. Jawa Barat, di Gedung PGRI KBB, Selasa (2/7/24).

Diamanatkannya, ajang O2SN tingkat Provinsi Jawa Barat merupakan momentum untuk mengharumkan nama Bandung Barat di even olahraga. Oleh karena itu, setiap atlet diharapkan untuk fokus dalam pertandingannya nanti.

Para atlet yang tergabung dalam kontingen O2SN KBB tersebut akan bertanding di sejumlah cabang olahraga tersebut merupakan hasil seleksi ketat tingkat sub rayon hingga Kabupaten.

Selanjutnya, Rustiyana memaparkan keberhasilan para atlet ditentukan oleh sejumlah faktor, termasuk peran lingkungan sekolah dalam menggali dan mengembangkan minat dan potensi peserta didiknya.

“Besar kecilnya pengaruh lingkungan sebenarnya tidak bisa diukur, namun pengaruh dari lingkungan tersebut sangat berarti dan memiliki kesamaan dalam pencapaian tujuan pendidikan, yakni pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.,” imbuhnya.

Kepada para atlet dan official, diamanatkan untuk menampilkan kemampuan terbaiknya. Sehingga, hasil yang diperoleh nantinya akan optimal.

“Pada saatnya nanti bertanding, tolong menampilkan kemampuan yang terbaik. Sehingga, hasilnya yang akan diperoleh pun akan maksimal,” tandasnya. ***