BANGJI Semakin ‘Menyala’ di Pagelaran Sendratari Vol. 2

Lembang-SMPN 1 Lembang kembali menggelar sendratari yang bertajuk “Jati Tujuh Belapati : Sendratari Vol.2” dan kembali disutradarai oleh Indra Budiaji. Kali ini, pagelaran tersebut diselenggarakan di Teater Tertutup Taman Budaya Jawa Barat atau yang lebih dikenal Dago Tea House pada Sabtu (11/05/24).

Sendratari Vol. 2 digelar dalam rangka ujian praktik siswa kelas 8 dengan kolaborasi lima mata pelajaran di antaranya Seni Budaya, Bahasa Indonesia, IPS, PKN, dan Bahasa Sunda. Pagelaran ini pun ditampilkan dengan begitu meriah. Aktor beserta tim manajemen yang terlibat merupakan siswa dari kelas 8 serta anggota ekskul Lingkung Seni Sunda (LISES) dengan gabungan dari siswa kelas 7 & 9.

Antusias penonton yang terdiri dari orang tua siswa, alumni, kaka kelas dan adik kelas telah menghabiskan 1000 tiket.

Indra Budiaji, selaku sutradara sekaligus guru Seni Budaya menyampaikan rasa syukur atas perhelatan sendratari di tahun kedua dengan begitu meriah.

“Alhamdulillah, pagelaran tahun ini bisa dilaksanakan kembali dengan meriah,” tuturnya

Indra pun menambahkan, kali ini persiapannya lebih matang sehingga dapat dihelat di Taman Budaya Dago Tea House. Selain itu, Beliau pun memberikan apresiasi kepada para siswa yang mampu belajar dan bekerjasama dalam tim untuk menampilkan pagelaran yang meriah.

“Tahun ini bersyukur juga bisa dilaksanakan di Dago Tea House. Dan saya pun sangat bangga pada anak-anak karena mampu belajar dan bekerjasama dalam tim untuk menggelar sendratari ini,” ujarnya.

Sendratari Vol. 2 ini digelar 2 sesi seperti tahun lalu. Sesi 1 merupakan penampilan dari kelas 8A-8E yang dimulai pukul 09.00 WIB, sedangkan sesi 2 penampilan dari kelas 8F-8J dimulai pukul 13.00 WIB.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Lembang Ai Nurhayati memberikan apreasiasi atas kembali digelarnya Sendratari yang menceritakan tentang kisah para pahlawan di zaman penjajahan Belanda ini.

“Tiada hentinya mengucap rasa syukur, tahun ini BANGJI dapat kembali menghelat pagelaran sendratari dengan begitu meriah dan megah,” ucapnya ketika memberikan sambutan acara pagelaran.

Ai Nurhayati juga menyampaikan manfaat pagelaran bagi siswa yaitu selain wadah untuk pengembangan kreativitas, potensi dan bakat, juga menjadi pembelajaran karakter seperti kerjasama dalam tim ketika proses latihan sampai pagelaran ditampilkan.

“Saya bangga sekali anak-anak dapat menunjukkan bakat, kreativitas, dan pengalaman yang berharga seperti cara kerjasama yang baik melalui proses latihan sampai tampil dalam pagelaran ini,” tuturnya

Sebagai penutup, Ai Nurhayati menyampaikan ucapan terima kasih kepada siswa serta wali kelas, guru, dan orang tua siswa yang telah mendukung dan membantu sehingga pagelaran ini bisa berjalan dengan baik.

“Tidak lupa, Ibu ucapkan terima kasih kepada wali kelas, guru, orang tua, serta komite sekolah atas dukungan dan kerjasamanya yang luar biasa sehingga pagelaran ini bisa terlaksana dengan baik dan meriah. Juga Ibu ucapkan terima kasih kepada siswa kelas 8A-8J, dengan begitu hebatnya menampilkan pementasan yang keren,” tandasnya.

Di akhir acara, semua penonton memberikan apresiasi kepada para aktor dan tim manajemen sebagai bentuk penghargaan karena telah menampilkan pagelaran yang luar biasa bagus dan meriah. Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini dapat menimbulkan dampak postif bagi siswa untuk menyalurkan bakat dan kreativitasnya. Selain itu, dapat membentuk karakter siswa dalam kerjasama tim dan disiplin waktu melalui latihan ketika proses penggarapan pagelaran ini.

Kontributor : Tina Gustini, S.Pd.-Narasumber : Ai Nurhayati, S.PD., M.Pd. & Indra Budiaji, M.Pd.