DISDIK Gelar Bimtek KOSP

 

Lembang (Newsroom)– Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat melaksanakan Bimtek Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) jenjang SMP. Kegiatan yang diikuti oleh 160 guru  SMP tersebut, diselenggarakan di Grand Hotel Hani, Lembang (9/11/22).

Kepala Dinas Pendidikkan KBB, Asep Dendih, dalam sambutannya yang disampaikan Kepala Bidang Pembinaan SMP, Rustiyana, bahwa ke depan diharapkan guru tidak sebagai pelaksana kurikulum, namun menjadi pembuat kurikulum di satuan pendidikan masing-masing.

“Harus membuat dokumen sebagai pedoman pembelajaran untuk satu tahun ke depan. Guru disinyalir hanya sebagai pelaksana kurikulum. Namun, ke depan diharapkan menjadi pembuat kurikulum,” paparnya.

Lebih lanjut disampaikan Kabid PSMP, sesuai dengan prinsip penyusunan KOSP, diharapkan dapat membuka kerangka berpikir guru dan pemegang kebijakan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan.

“Sesuai dengan prinsip penyusunan KOSP, yakni berpusat pada peserta didik, kontekstual, esensial, akuntabel, dan melibatkan berbagai kepentingan, maka dengan adanya kurikulum tersebut, diharapkan dapat membuka kerangka berpikir guru dan pemegang kebijakan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan,” imbuhnya.

Ditandaskan Rustiyana, kegiatan penyusunan KOSP yang dilaksanakan Disdik KBB, merupakan upaya pihaknya dalam mewujudkan pelayanan pendidikan yang berkualitas.

“Kegiatan Bimtek penyusunan KOSP yang dilaksanakan Disdik KBB, merupakan upaya kami dalam mewujudkan pelayanan pendidikan yang berkualitas,” tandasnya. ***

Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun-Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat.