DISDIK KBB GELAR SOSIALISASI ANBK 2021

Bandung-(Newsroom). Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat menggelar sosialisasi pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2021. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, Selasa-Kamis (31/8-2/9/21) dan melibatkan para teknisi serta proktor ANBK SMP se-Kabupaten Bandung Barat tersebut, dilaksanakan di Hotel Gumilang Regency Setiabudi Kota Bandung.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kab.Bandung Barat, Rustiyana, menyampaikan kegiatan di atas hendaknya dijadikan sarana untuk bertukar informasi dan diskusi di antara proktor dan teknisi. Sehingga pada pelaksanaan ANBK dapat berlangsung sesuai dengan harapan semua pihak.

“Kegiatan sosialisasi ANBK ini harus dijadikan sebagai ajang bertukar informasi dan diskusi antara sesama proktor dan teknisi. Sehingga ketika pelaksanaan ANBK dapat berlangsung secara lancar dan tanpa kendala yang berarti,” sambutnya saat membuka secara resmi kegiatan.

Lebih jauh ditambahkan program ANBK merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan sejak Ujian Nasional secara resmi dihapuskan Pemerintah. Menurutnya, hal ini akan menjadi agenda rutin tahunan dan untuk selanjutnya hal tersebut akan diikuti oleh program AKM kelas untuk semua siswa serta asesmen sertifikasi untuk guru.

Seperti diketahui, sosialisasi ANBK tersebut dihadiri juga oleh Kepala Seksi Kurikulum dan Kesiswaan SMP Disdik KBB, para narasumber dari Provinsi Jawa Barat, serta Tim Help Desk Kab. Bandung Barat.

Sementara itu, Hadi Daryanto, narasumber Provinsi Jawa Barat, memaparkan teknis penyelenggaraan ANBK berikut web dan aplikasi ANBK termasuk permasalahan dan troubleshooting-nya. Selanjutnya, praktik penginstalan aplikasi PHD, penggunaan web ANBK dan simulasi pengisian soal hingga rangkaian berakhir. Kegiatan tersebut dipandu oleh oleh tim Help Desk Kab. Bandung Barat yang terdiri dari Welly Laperi (SMPN 1 Ngamprah), Dhudi Firmansyah (SMP Krida Utama Padalarang), dan Andri (SMP Mahardika Padalarang).

Di sisi lain, materi verval TIK yang disampaikan Zenal Nurjamil, Staf Bina Program SMP Disdik KBB, menyampaikan salah satu aspek yang mendukung terlaksananya ANBK adalah pemetaan sekolah penyelenggaranya yang terdiri dari sekolah mandiri, sekolah mandiri ditumpangi dan sekolah yang menumpang pada sekolah yang memiliki sarana komputer yang cukup.  Menurutnya, saat ini masih terdapat sekolah yang belum menentukan penyelenggaraan ANBK, apakah full online atau semi online. Oleh karena itu, di kegiatan sosialisasi ini juga sekaligus untuk memverifikasi melalui verval TIK.

Dalam kesempatan terpisah, Kasi Kurikulum dan Kesiswaan SMP Disdik KBB, Sri Heryanti, menyampaikan kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kompetensi teknisi dan proktor di SMP yang ada di Kab.Bandung Barat. Menurutnya, hal ini penting dilaksanakan agar pada pelaksanaan ANBK dapat berlangsung sukses sehingga mengaharumkan Kabupaten Bandung Barat.

Lebih lanjut Sri Heryanti mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dengan senantiasa memperhatikan protokol kesehatan sebagai bentuk upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, pihaknya melaksanakan swab antigen sebelum registrasi kepada seluruh peserta dan penyelenggara.

Ditandaskannya, semua peserta agar senantiasa berkoordinasi dengan help desk kabupaten terlebih dahulu sebelum menghubungi help desk provinsi jika menemukan kendala pada saat pelaksanaan ANBK. .

“Kami berharap semua peserta agar senantiasa berkoordinasi dengan help desk kabupaten terlebih dahulu sebelum menghubungi help desk provinsi jika menemukan kendala di lapangan. Sehingga pada pelaksanaan ANBK nanti dapat berjalan lancar,” tandasnya***

Berita dan Foto: Budi Ruhiat-Editor: Adhytanika Geusan Ulun