JAWADAH: Jadwal Waktu Dhuha Harian

Oleh: Rahman Hidayat, S.Pd,I.,M.Pd
(SMAN 1 Rongga Kab. Bandung Barat)

Dalam aksi nyata modul 3.3 kami sebagai CGP diharapkan mampu merancang sebuah program yang Melibatkan Suara/Pilihan/Kepemilikan Murid dengan tujuan pembelajaran khusus: CGP dapat menjalankan tahapan B (Buat Pertanyaan) dan A (Ambil Pelajaran) berdasarkan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A. Penulis merancang program tersebut dengan Judul  JAWADAH (Jadwal Waktu Dhuha Harian) adapun tujuan program adalah: Terbentuknya kepemimpinan murid yang akan mendorong murid bersikap ramah sopan dan menghargai sesama manusia, mencintai dan melestarikan lingkungan sekitar, dan bertingkah sebagai warga negara yang baik serta tidak melawan hukum.

Latar belakang

  1. Lunturnya rasa solidaritas, sopan santun, kebersamaan, dan silaturahim sesama manusia dan menjaga alam sekitar
  2. Banyaknya perilaku-perilaku menyimpang yang dilakukan oleh siswa, seperti kenakalan yang menjurus pada perbuatan kriminal seperti bergabung dengan geng motor atau kegiatan organisasi Ilegal.
  3. Fenomena kenakalan siswa yang terjadi dalam bentuk pelanggaran tata tertib. Seperti membolos, keluar pada saat jam pelajaran, gaduh saat pembelajaran berlangsung.

Untuk mewujudkan sebuah program yang matang penulis megaplikasikan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A, yang telah penulis pelajari selama menempuh pendidikan CGP.

Tahapan B (Buat Pertanyaan Utama)

Buat Pertanyaan Utama dengan pertanyaan Mengapa dan bagaimana cara kita perlu mendorong murid bersikap ramah sopan dan menghargai sesama manusia, mencintai dan melestarikan lingkungan sekitar, dan bertingkah sebagai warga negara yang baik serta tidak melawan hukum.

Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban

  1. Berdiskusi dengan kepala sekolah
  2. Berdiskusi dengan rekan guru matapelajaran PAI
  3. Berdiskusi dengan seluruh guru

Rencana untuk melibatkan suara/pilihan/kepemilikan murid:

Melakukan Sesi Diskusi dengan perwakilan murid untuk menguatkan ide di tahap awal

Aset/kekuatan/sumber daya yang dapat diberdayakan Modal Manusia: seperti Kepala sekola, dewan Guru, Guru mapel dan Murid denga waktu yang diperlukan adalah 1 Hari dan dengan penanggung jawab tahapan ini CGP itu sendiri.

Catatan Refleksi Tahapan Buat Pertanyaan Utama

Peristiwa (fact)

Hasil dari kegiatan aksi nyata tahap buat pertanyaan ini, didapatkan bahwa seluruh warga sekolah sepakat adanya progam yang dapat melatih murid bersikap ramah sopan dan menghargai sesama manusia, mencintai dan melestarikan lingkungan sekitar, dan bertingkah sebagai warga negara yang baik serta tidak melawan hukum dengan Program kokurikuler JAWADAH.

Perasaan  (Feeling)

Perasaan saya ketika melaksanakan aksi nyata tahap buat pertanyaan utama adalah adanya optimis, karena saya yakin kepala sekolah, guru maupun murid akan merespon positif terhadap program yang saya sampaikan.

Pembelajaran  (Finding)

Pembelajaran yang saya peroleh dari pelaksanaan aksi nyata tahap buat pertanyaan utama ini adalah pentingnya melakukan diskusi dengan pihak-pihak yang terkait di sekolah terutama kepala sekolah dan rekan guru, karena kita dapat saling tukar informasi, berbagi pengalaman dan memberikan saran atau masukan terkait ide awal pembuatan program ini.

Penerapan ke depan (future)

Semoga program ini dapat berjalan dengan konsisten sehingga akhirnya dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan murid.

Aksi Nyata Tahapan A (Ambil Pelajaran)

Tahapan Ambil Pelajaran (Discover) di  awali dengan Pertanyaan: Kegiatan apa saja  dan sekolah mana saja yang memiliki program yang mendorong murid bersikap ramah sopan dan menghargai sesama manusia, mencintai dan melestarikan lingkungan sekitar, dan bertingkah sebagai warga negara yang baik serta tidak melawan hukum.

Tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban

  1. Mencari referensi Membuat angket untuk mengetahui minat murid dalam bidang PAI atau keagamaan
  2. Berdiskusi dengan wakasek untuk mengidentifikasi kebijakan

Suara/Pilihan/Kepemilikan Murid

  1. Melakukan sesi diskusi dengan perwakilan murid tentang hal apa saja yang dapat membat murid merasa nyaman saat belajar.
  2. Melakukan sesi diskusi dengan perwakilan murid untuk mengetahui minat murid

Yang dapat diberdayakan pada tahap Ini adalah modal manusia seperti Murid, Guru dan Kepala Sekolah dan Modal Fisiknya adalah Mesjid Sekolah. Adapun Modal Politiknya adalah  Kebijakan kepala sekolah dan Waktu yang di perlukan selama 2 hari Kemudian penanggung Jawab tahapan Ini adalah CGP.

Catatan Refleksi Tahapan Ambil Pelajaran

Peristiwa (fact)

Hasil aksi nyata yang diperoleh, penulis menemukan gambaran kegiatan apa aja yang dapat mendorong murid bersikap ramah sopan dan menghargai sesama manusia, mencintai dan melestarikan lingkungan sekitar, dan bertingkah sebagai warga negara yang baik serta tidak melawan hukum.

Perasaan (feeling)

Perasaan saya. Setelah melakukan aksi nyata ini, saya menjadi lebih bersemangat lagi dalam mewujudkan program yang berdampak positif bagi murid untuk menumbuh kembangkan student agency.

Pembelajaran (Finding)

Pembelajaran yang saya peroleh adalah seorang guru harus selalu melibatkan murid dalam segala aktivitasnya, begitupun dengan penentuan sebuah program, karena murid memiliki suara, pilihan dan kepemilikannya sendiri yang harus difasilitasi oleh pihak sekolah

penerapan ke depan (Future)

Melalui kegiatan ini, semoga program JAWADAH (Jadwal Waktu Dhuha Harian) ini dapat dilaksanakan dengan konsisten dan diharapkan dapat memunculkan ide-ide pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan bagi murid. **

Profil Penulis
Rahman Hidayat, S.Pd,I.,M.Pd adalah seorang yang Lahir di Kp.Simpang, Desa Bunijaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat Pada Tangga 12 Oktober 1985, dan Sedang mengabdi di SMAN 1 Rongga Kab. Bandung Barat sejak 2009 sampai sekarang.