SMPN 1 BATUJAJAR DAN POLRES CIMAHI GELAR GEBYAR VAKSINASI PELAJAR

Batujajar-(Newsroom). SMPN 1 Batujajar Kab. Bandung Barat dan Kepolisian Negara Republik Indonesia Resort (Polres) Cimahi menggelar Gebyar Vaksin Pelajar. Kegiatan yang diperuntukkan bagi para siswa tersebut, diselenggarakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat di SMPN 1 Batujajar, Jumat (3/9/21).

Kepala SMPN 1 Batujajar, H. Atang Kurniawan, mengatakan kegiatan gebyar vaksin ini adalah upaya SMPN 1 Batujajar untuk mendukung serta menyukseskan program pemerintah dalam mencapai kekebalan komunal (herd immunity). Selain itu, juga sebagai persiapan pihaknya dalam menyongsong pelaksanaan kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) yang sebentar lagi akan dimulai. Sehingga diperlukan perlindungan kepada warga sekolah, terutama para siswa.

“Kegiatan gebyar vaksin ini adalah salah satu upaya SMPN 1 Batujajar dalam turut serta menyukseskan program pemerintah untuk mencapai kekebalan komunal (herd immunity). Hal ini juga untuk menyiapkan dan melindungi para siswa dan guru dalam menyongsong kegiatan pembelajaran tatap muka di SMPN 1 Batujajar,” katanya.

Disampaikan juga, kegiatan di atas dilaksanakan setelah para wali kelas mendata siswa usia 12 tahun ke atas. Hal ini sangat penting, karena program vaksinasi pelajar diperuntukkan bagi mereka yang berusia 12-17 tahun. Selanjutnya, seluruh siswa yang hadir diharuskan melalui proses skrining dengan menerima pertanyaan dari para tenaga kesehatan dan pengecekan tekanan darah. Apabila telah dinyatakan lolos skrining, maka mereka dapat menerima vaksin di ruang yang telah disediakan.

Selain itu, kegiatan tersebut merupakan program vaksinasi pertama yang diikuti oleh sejumlah sekolah lainnya, di antaranya SMPN 2 Batujajar dan SMP Bhakti Mulya. Setelah itu, selepas 28 hari kemudian vaksinasi kedua akan juga diselenggarakan di lokasi yang sama.

Atang Kurniawan juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan vaksinasi. Menurutnya, hal ini berkat kerja sama dan dukungan penuh dari aparat dan para tenaga kesehatan Polres Cimahi, mahasiswa dan mahasiswi dari Sekolah Tinggi Illmu Kesehatas (STIKES) Budi Luhur dan Universitas Jenderal Achmad yani (Unjani), para wakil kepala sekolah beserta stafnya, juga para guru dan warga sekolah.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu terselenggaranya kegiatan ini sehingga dapat berlangsung dengan baik, di antaranya adalah para aparat kepolisian dan tenaga kesehatan dari Polres Cimahi, mahasiswa dan mahasiswi dari STIKES Budi Luhur dan Unjani, para wakil kepala sekolah beserta staffnya, juga para guru dan staff tata usaha SMPN 1 Batujajar,” pungkasnya.

Berita: Riska Mutiara

Sumber Berita dan Foto: Aji Jehan Felani (Tim Kesiswaan SMPN 1 Batujajar)

Editor: Adhyatnika Geusan Ulun