Visi Guru Penggerak

Oleh: Ica Srirahayu, S.Pd
(SDN Rancasenggang Bandung Barat)

 

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan jasmani dan rohani sehingga kita masih tetap bisa menikmati indahnya alam ciptaan-Nya.

Penulis merasa sangat bersyukur karena telah menyelesaikan CGP Selama 9 bulan” sebagai bahan untuk memotivasi rekan sesama guru. Dalam hal ini penulis mencoba untuk menjelaskan tentang perjalanan selama pendidikan Guru Penggerak (GP).

Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu hingga terselesaikannya pendidikan ini. Terimakasih kepada Keluarga dan Suami, Terimakasih Ibu Kepala Sekolah, Ibu Fasilitator, Ibu Pengajar Praktik, Guru- guru SDN Rancasenggang dan kelompok CITAHU. Penulis memahami jika ini tentu jauh dari kesempurnaan maka kritik dan saran sangat kami butuhkan guna memperbaiki karya- karya kami di lain waktu.

Latar belakang

Visi sekolah merupakan pandangan atau wawasan ke depan yang dijadikan cita-cita, inspirasi, motivasi, dan kekuatan bersama warga sekolah mengenai wujud sekolah pada masa yang akan datang.

Sedangkan misi sekolah adalah pernyataan tentang hal-hal yang digunakan sebagai acuan bagi penyusunan program sekolah dan pengembangan kegiatan satuan-satuan unit sekolah yang terlibat, dengan penekanan pada kualitas layanan peserta didik dan mutu lulusan yang diharapkan oleh sekolah dalam rangka mewujudkan visi sekolah.

Tujuan

Visi sekolah dengan tujuan pendidikan yang berpihak kepada murid

Melalui diskusi yang kita lakukan hari ini kita semua bisa mendorong pertumbuhan diri murid

Melalui diskusi kita dapat merincikan sikap dan prilaku murid, Guru, Kepala Sekolah Orang tuayang mencerminkan visi yang dirumuskan sesuai Profil Pelajar Pancasila.

Perencanaan

Berkonsultasi dengan kepala sekolah dan rekan sejawat untuk mendiseminasikan bersama rekan guru.

visi sekolah

“RANCINGEUS”

Mewujudkan Murid SD Negeri Rancasenggang yang Agamis,Cerdas, Inovatif, Nasionalis,Gesit, Ungguldalam Prestasi, dan Santun

Prakarsa perubahan

Meningkatkan Budaya Literasi dan Perduli Lingkungan

Perencanaan

Berkonsultasi dengan kepala sekolah dan rekan sejawat untuk mendiseminasikan bersama rekan guru.

Pelaksanaan

Mengumpulkan semua rekan guru untuk melakukan desiminasi visi sekolah.

Pada tanggal 24 September 2023, CGP menyampaikan rencana aksiyata desiminasi visi guru penggerak untuk di terapkan di sekolah dan kepala sekolah dan rekan guru menyetujuinya.

Rencana Perbaikan

Berkolaborasi dengan semua warga sekolah demi terwujudna visi sekolah

Penutup

Harapan penulis semoga VISI sekolah yang dirancang dapat terwujud di sekolah yang berlandaskan Profil Pelajar Pancasila.