Ciptakan Generasi Tangguh melalui Gerakan PRAMUKA SMPN 2 Parongpong

Dra. Hj. Yeti Resmiati, M.M

(Kepala SMPN 2 Parongpong)

Setiap tanggal 14 Agustus, bangsa Indonesia memperingati Hari Pramuka. Gerakan Pramuka di Indonesia tidak bisa terlepas dari peran Bapak Pramuka Dunia, yakni  Lord Boden Powell sebagai Bapak Pandu Se-Dunia.  Lalu bagaimana peringatan sejarah Hari Pramuka di setiap Lembaga Pendidikan hingga saat ini? Kegiatan Pramuka telah dijadikan salah satu kegiatan ekstrakulikuler wajib di setiap lembaga pendidikan di Indonesia. Dengan demikian setiap sekolah tentunya akan selalu memperingatinya dengan melaksanakan upacara sebagai moment untuk merefleksikan prinsip-prinsip Pramuka yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam peringatan Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka  yang ke-61, Penulis selaku Kepala SMPN 2 Parongpong  menyampaikan bahwa pada tahun ini tahun sekolah memperingatinya dengan melaksanakan upacara.  Seluruh pendidik dan tenaga kependidikan serta peserta didik mengikuti upacara peringatan hari pramuka di lapangan utama SMPN 2  Parongpong dengan penuh semangat dan antusias. Kegiatan upacara hari pramuka di SMPN 2 Parongpong berjalan dengan aman, tertib, damai, lancar, dan kondusif dalam kegiatan pelaksanaannya.

Adapun tema yang diusung dalam kegiatan  Hari Pramuka di atas, yakni  adalah “ Dengan Gerakan Pramuka Kita Ciptakan Generasi Muda yang Aktif, Satukan Suara Mandiri dan Kreatif Mewujudkan Penggalang Gemilang 2022. Tema ini bertujuan sebagai ajang motivasi kepada peserta didik bahwa kegiatan pramuka sebagai kegiatan ekstrakulikuler wajib yang perlu terus dipertahankan, digaungkan,  dan ditumbuhsuburkan.

Hal di atas dikarenakan Gerakan Pramuka merupakan salah satu kegiatan yang  akan tetap  relevan dengan situasi perkembangan Zaman. Walaupun Era Globalisasi penuh dengan tantangan, penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologI, akan tetapi  manusia tetap merupakan faktor penentu yang paling utama. Untuk itulah, kita ingin membangun dan melahirkan peserta didik SMPN 2 Parongpong  yang memiliki karakter, membangun bangsa sebagai pelanjut yang memiliki watak yang kuat, yang bukan hanya cerdas menguasai ilmu, akan tetapi juga sebagai calon-calon pemuda yang tangguh kepribadiannya, yang luhur budi pekertinya, yang sopan dan santun, serta  rukun dan kompak bersatu padu, tandasnya.

Adalah sangat menarik ketika Asep Kurnia, S.PdI selaku pembina pramuka SMPN 2 Parongpong  menyampaikan bahwa pramuka sebagai harapan bangsa perlu memiliki kreativitas dan aktivitas, serta komitmen yang kuat untuk terus berlatih dan menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman melalui keterampilan kepramukaan.

Menurut Asep Kurnia,   pemuda  diharapkan sanggup menghadapi  tantangan globalisasi. Sanggup menghadapi  tantangan Zaman, arus reformasi, dan  sanggup  menghadapi berbagai persoalan  sehingga mampu menatap masa depan yang lebih cerah, gilang-gemilang, dan cemerlang di atas rida Allah Swt. Siapakaaaah  Dia? Adalah PRAMUKA -PRAJA MUDA KARANA PANDU  INDONESIA.

Sehingga, hal ini harus dibuktikan  bahwa anggota Pramuka adalah bibit-bibit unggul penerus perjuangan bangsa yang tangguh dalam menghadapi tantangan, dan selalu optimis serta mampu  beradaptasi dengan perubahan zaman.

Begitupun dalam sambutan kegiatan penutupannya, penulis mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada kakak-kakak  Pembina, petugas upacara, petugas musik, Marching Band, dan seluruh peserta upacara sehingga pelaksanaan upacara berjalan dengan baik dan lancar.

Apresiasi khusus juga diberikan kepada Perangkat OSIS yang bertugas sebagai Petugas Upacara, yaitu:Pemimpin Upacara (Pratama) Raivan Kautsar H. (Kelas 8 A), 2. Pasukan Pengibar Bendera : Lestari Ramadhani (8 E), Pembaca Teks Undang- undang Dasar 1945: Laila Dwi Yulianti (8 F), Pembaca Teks Pancasila, Reska Surya Sabandini  (8 B),  Pembaca Teks Dasadarma, Muh. Faris Gaishan S.F. (8 A), dan Pembaca Do’a, Yuli Nurliana (8 A).

Tidak lupa juga kepada Kakak Pembina  Asep Kurnia, S.Pd.I, dan Raina Nurlinda, S.Pd sebagai pelatih dan pembina  profesional dalam setiap pelaksanaan kegiatan pembinaan pramuka sekaligus pelatih pelaksanaan  upacara peringatan ini.

Akhirnya, penulis mengucapkan: Alhamdulillah semua perangkat upacara lengkap mengenakan seragam pramuka sebagai wujud bhakti cintanya terhadap gerakan pramuka di Indonesia.

Selamat berjuang untuk meraih prestasi. Teruskanlah berjuang mengikuti berbagai kegiatan pramuka. Niscaya, apa yang menjadi harapan Adik- adik peserta pramuka suatu saat akan menjadi kenyataan. Sekian terimankasih.

SALAM PRAMUKA!

Penulis: Dra. Hj. Yeti Resmiati, M.M (Kepala SMPN 2 Parongpong) –Editor: Adhyatnika Geusan Ulun-Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat