Disdik Bandung Barat Sosialisasikan PAK

Bandung Barat-(Newsroom). Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat menyelenggarakan sosialisasi penilaian angka kredit (PAK) bagi guru SD dan SMP. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Seksi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) tersebut, digelar di sejumlah tempat, mulai Senin sampai dengan Kamis (14-17/02/22).

Kepala Bidang Pembinaan SD Disdik KBB, Dadang A. Sapardan, dalam sambutannya menyampaikan kegiatan di atas merupakan salah satu upaya Dinas Pendidikan dalam memberikan gambaran kepada para guru dan tenaga fungsional lainnya mengenai teknis dan mekanisme pengajuan PAK. Diharapkan para guru dapat mengusulkan kenaikan pangkat secara mandiri.

“Sosialisasi PAK ini dirancang oleh Dinas Pendidikan agar para guru dapat mengajukan kenaikan pangkat sendiri tanpa melalui perantara lain yang dapat merugikan mereka. Selain itu, kegiatan ini menjadi pembelajaran bagi para guru tentang bagaimana mengajukan kenaikan pangkat secara mandiri, mudah, murah, dan tumaninah,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, sosialisasi PAK tersebut digelar secara di sejumlah sekolah, yakni di SDN Pameungpeuk Kec. Cisarua yang diikuti oleh Kec.Lembang, Parongpong, Cisarua dan Ngamprah pada Senin, 14 Februari 2022. Kemudian pada hari yang sama, di SDN Mandalasari Kec. Cipatat yang diikuti oleh Kec.Cipatat, Padalarang, Ciipeundeuy, dan CikalongWetan. Selanjutnya, di SDN Selacau Kec.Batujajar yang diikuti oleh kecamatan Batujajar, Saguling, Cihampelas dan Cililin, Selasa (15/2). Sedangkan pada Rabu (17/2), dilaksanakan di SDN Citalem Kec. Cipongkor yang pesertanya berasal dari Kec. Cipongkor, Sindangkerta, Gununghalu dan Rongga.

Pada sosialisasi tersebut, tampil sebagai pemateri yang kompeten di bidangnya, yakni Taryama, Abdul Gani Wijaya, Nining, Siti Maryam, Dedeh, Rahmat Yulia dan Riyad. Semuanya, mempresentasikan sejumlah materi, mulai dari cara menyusun PAK, sampai dengan instrumen-instrumen pendukung lainnya.

Sementara itu, Abdul Gani Wijaya, salah seorang pemateri, mengungkapkan program di atas merupakan kegiatan rutin Disdik KBB dalam rangka pelayanan prima kepada para guru untuk mengusulkan kenaikan pangkatnya.

“Kegiatan Sosialisasi Penilaian Angka Kredit (PAK) untuk kenaikan pangkat periode 1 Oktober 2022 adalah program rutin Disdik Kab Bandung Barat yang bertujuan melakukan pelayanan prima, dalam hal memberikan informasi, komunikasi dan interaksi dalam persiapan pengumpulan berkas PAK dan naik pangkat pada seluruh tenaga pendidik, dalam hal ini guru di Kab Bandung Barat,” ungkapnya.

Ditambahkannya, materi-materi yang disajikan adalah berdasarkan sejumlah temuan dan analisis kendala pada sidang PAK sebelumnya. Menurutnya, semuanya harus sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah, agar pada pelaksanaannya tidak menemukan kendala yang berarti.

Di sisi lain, Ratno Saputra, peserta dari SDN 1 Sukaresmi Kec. Rongga, menyampaikan sosialisasi tersebut sangat bermanfaat dan relevan dengan kebutuhan para guru yang akan mengajukan kenaikan pangkat..

Senada dengan Asep Saepudin, SDN Cibuluh, Kec. Gununghalu, yang menambahkan  sosialisasi PAK dilaksanakan secara profesional, dan sangat membantu pihaknya dalam mempersiapkan perangkat pendukung untuk kenaikan pangkat.

Di lain pihak, Dadang A. Sapardan menandaskan kebijakan Disdik KBB dalam memfasilitasi kebutuhan guru untuk kenaikan pangkat melalui kegiatan sosialisasi di atas, hendaknya dimanfaatkan oleh semuanya. Selanjutnya, pihaknya berharap agar hasil dari kegiatan ini dapat didiseminasikan kepada guru lainnya, sehingga program tersebut dapat berjalan secara efektif dan efisien.***

Kontributor: Nina Nurlina, M.Pd (Guru SDN Cikawung Kec. Gununghalu)

Narasumber: Aziz Ismail, M.Pd (Kepala SDN Rancapanggung 3 Cililin)

Editor: Adhyatnika Geusan Ulun