Perkuat IKM, Gugus 6 Kec. Cipongkor Gelar IHT

Cipongkor (Newsroom)- Sangat penting memberikan landasan pengetahuan dan pemahaman Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) kepada para kepala sekolah dan guru, agar dalam pelaksanaannya sesuai dengan harapan semua pihak.

Hal di atas disampaikan Ketua Gugus 6 Baranangsiang Kec. Cipongkor, Rukmini, saat memberikan sambutan di kegiatan In House Training (IHT) untuk sejumlah kepala sekolah dan guru Sekolah Dasar di SDN Cacaban Cipongkor, Rabu (10/8/22).

“Sangat penting memberikan landasan pengetahuan dan pemahaman kepada para KS dan guru pelaksana IKM agar dalam pelaksanaan IKM lancar dan memuaskan serta meminimalkan kesalahan persepsi pelaksanaan dilapangan,” ungkapnya.

Selanjutnya disampaikan sangat diperlukan memahami mekanisme pelaksanaan IKM bagi sekolah-sekolah yang mengimplementasikan pada tahun pelajaran sekarang.  Oleh karena itu, IHT tersebut diarahkan untuk mengetahui landasan pelaksanaan IKM, dasar hukum dan tahapan pelaksanaan IKM. Kegiatan dikemas dengan prinsip-prinsip IHT di antaranya peserta dibawa mengenal penggunaan aplikasi Merdeka Mengajar.

“Apalagi jika melihat keberagaman pilihan IKM maka pengetahuan dan pemahaman yang benar akan mekanisme pelaksanan masing masing jenis IKM mutlak diperlukan. Selain itu, di kegiatan IHT ini juga para peserta dibawa untuk mengenal dan menggunakan aplikasi Merdeka Mengajar,” imbuhnya.

Lebih jauh ditambahkan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) mengeluarkan kebijakan dalam pengembangan Kurikulum Merdeka yang diberikan kepada satuan pendidikan sebagai opsi tambahan dalam rangka melakukan pemulihan pembelajaran selama 2022-2024. Menurutnya, Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak  menjadi kesempatan baik dalam upaya perbaikan dan pemulihan pembelajaran pasca pandemi dua tahun terakhir.

Sementara itu, Sutisna, Pengawas SD Disdik KBB, menyampaikan apresiasinya atas IHT yang diseleggarakan Gugus 6. Menurutya, hal tersebut akan mempercepat pemahaman kepala sekolah dan guru tentang pelaksanaan IKM secara utuh sesuai dengan peraturan yang yang telah dikeluatkan pemerintah.

“Sebagai Pengawas Bina Gugus 6, saya menyambut gembira atas diselenggarkan IHT ini. Hal ini akan memperkuat pemahaman tentang implementasi Kurikulum Merdeka bagi sekolah-sekolah,” ujarnya.

Sumber Berita: Sutisna,  M.Pd (Pengawas Bina SD Disdik KBB), Rukmini M.Pd (Kepala sekolah PSP-Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun-Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat.