SISWA SD BANDUNG BARAT RAIH PRESTASI

Ngamprah (Newsroom) – Dua siswa jenjang SD dari Kab. Bandung Barat raih prestasi mengesankan pada perhelatan Festival Tunas Bahasa Ibu Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kemendikbudristek. Pada kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan tersebut, kontingen jenjang SD dari Kab. Bandung Barat dapat menggondol prestasi pada cabang lomba Menulis Aksara Sunda kategori putra dan Biantara kategori putri atas nama Bari Rai Perdana dan Imelda Agustin.
Menanggapi raihan prestasi yang ditorehkan kedua siswa tersebut, Asep Dendih, Kepala Dinas Pendidikan melalui Dadang A. Sapardan, Kepala Bidang PSD menyampaikan rasa syukur dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pimpinan dan kontingen yang telah dapat membawa harum Kab. Bandung Barat dalam ajang tersebut.
“Kami merasa berbangga dan berterima kasih kepada kontingen Kab. Bandung Barat yang sudah mampu menunjukkan prestasi optimal,” ujarnya, saat dimintai tanggapan atas raihan prestasi dari kedua siswa jenjang SD dari Kab. Bandung Barat, Jum’at (10/12/21).
Disampaikan pula bahwa penguatan kecintaan dan kesadaran akan pentingnya seni dan budaya perlu terus dilakukan oleh berbagai pemangku kepentingan, sehingga para generasi mendatang tidak tercerabut dari akar budaya mereka. Melalui moment perhelatan Festival Tunas Bahasa Ibu Tahun 2021, Dinas Pendidikan akan berupaya seoptimal mungkin untuk dapat mengawal eksistensi seni dan budaya di kalangan siswa dengan menggunakan sekolah sebagai agen pengembang dan penguatnya.
“Kami akan berupaya untuk dapat mengawal eksistensi seni dan budaya Sunda di kalangan siswa dengan sekolah sebagai agen pengembang dan penguatnya,” pungkasnya.
Wasna Permana pimpinan Kontingen Kab. Bandung Barat yang juga kepala SD Ciharashas, Cipeundeuy mengungkapkan bahwa dalam Festival Tunas Bahasa Ibu Tahun 2021, Kab. Bandung Barat mengirimkan peserta lomba pada seluruh cabang yang diperlombakan. Cabang lomba tersebut adalah Ngadongeng, Aksara Sunda, Biantara, Nulis Carpon, Maca Sajak, Pupuh, dan Borangan (Ngabodor Sorangan). Pada perhelatan tersebut dua orang siswa SD, yaitu Bari Rai Perdana dari SD SDN Rawasari, Cipeundeuy menjadi juara 1 pada cabang lomba Aksara Sunda kategori putra dan Imelda Agustin dari SDN Ciharashas meraih juara harapan 3 pada cabang lomba Biantara kategori putri. Raihan prestasi kedua siswa tersebut merupakan prestasi yang didapat begitu saja, tetapi didasari persiapan beberapa bulan sebelumnya.
“Dalam kegiatan yang dilaksanakan tersebut, dua siswa kami dapat meraih prestasi yang dapat dibanggakan,” ungkap Wasna Permana saat dimintai keterangan terkait dengan kegiatan yang diikutinya. DasARSS***