SISWA SMPN 3 SAGULING ANTUSIAS BELAJAR BERSAMA TVRI

Saguling.-(NEWSROOM). SMPN 3 Saguling Kab. Bandung Barat menyambut baik inovasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemdikbud) yang menayangkan acara Program #BelajardariRumah yang ditayangan TVRI sejak Senin (13/04/20).

Kepala SMPN 3 Saguling, Nani Sulyani, mengungkapkan bahwa program yang dikemas menarik di atas, menyuguhkan sejumlah materi pembelajaran semua jenjang, dan menyajikan tayangan edukatif pengasuhan dan pendidikan anak untuk orang tua dan guru. Selain itu, masyarakat juga dapat menikmati tayangan kebudayaan dan film-film Indonesia terbaik.

Lebih jauh ditambahkan bahwa masa darurat pandemik virus korona (Covid-19) di Indonesia masih belum berakhir. Hal ini berimbas kepada diperpanjangnya masa belajar di rumah. Sehingga Kemdikbud  bekerjasama dengan TVRI menyelenggarakan program yang diharapkan membantu terselenggaranya proses belajar mengajar, di samping untuk terus memajukan kebudayaan Indonesia.

Disampaikan juga bahwa para guru di sekolah ini telah menyosialisasikan program tersebut satu minggu sebelum penayangan. Sehingga hal ini membantu siswa menyiapkan sejumlah alat tulis sesuai dengan materi pelajaran yang sudah dijadwalkan.

Di sisi lain, para siswa yang diinstruksikan mengikuti program ini sejak pukul 09.30 sampai 10.00, diminta untuk mencatat materi dan ikut berlatih soal yang disajikan. Selanjutnya, mereka diminta memotokan lembar catatan tersebut sebagai bukti yang dikirimkan melalui grup WA kepada guru.

Sementara itu, Ririn, siswa kelas 9, mengungkapkan antusiasnya saat mengikuti tayangan program di atas. Menurutnya, acara ini sangat menarik dan penyajiannya sangat jelas untuk diikuti. 

“Menurut saya tayangan pembelajaran yang disajikan sangat menarik dan penjelasannya sangat jelas”, ungkapnya.

Senada dengan Resti, siswa kelas 7, dan Santi, siswa kelas 8, yang memberikan komentar bahwa cerita yang disisipkan sangat bagus, terutama saat materi tentang pembelajaran teorema Pythagoras. Menurut mereka, hal ini sangat bermanfaat karena selain jelas, juga disajikan secara menarik.

Sri Handayani, PKS Kurikulum, menandaskan bahwa kegiatan di atas merupakan inovasi luar biasa yang dapat menjadi solusi pembelajaran efektif saat siswa tidak bisa bertemu langsung dengan guru di kelas.

Sumber Berita: Sri Handayani, S. Pd. (PKS Kurikulum SMPN 3 Saguling).

Editor: Adhyatnika Geusan Ulun (Newsroom)