Tingkatkan Nilai Takwa, SMPN 2 Parongpong Gelar Kegiatan Qurban

Dra. Hj. Yeti Resmiati, M.M 

(Kepala SMPN 2 Parongpong)

Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 H, jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022. Meskipun perayaan Idul Adha pada tahun ini masih dalam kondisi  Endemi Covid-19, dan pengaturan terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah dilonggarkan, namun  masih harus memperhatikan protokol kesehatan. Hal ini tidak menyurutkan semangat untuk menjalankan ibadah Hari Raya Idul Adha di berbagai daerah, khususnya di Kabupaten Bandung Barat.

Penulis selaku Kepala SMPN 2 Parongpong menyampaikan bahwa penyembelihan dan pembagian daging hewan sengaja dilakukan pada hari Senin, tanggal 11 Juli 2022. Hal tersebut untuk memberi kesempatan kepada anak didik melaksanakan shalat Idul Adha bersama keluarga di lingkungannya masing- masing. Selain itu, karena mereka juga melakukan hal yang sama sehingga kemungkinan daging kurban tentunya akan cukup melimpah di daerah masing- masing.

Lebih lanjut penulis menyampaikan tujuan dan manfaat kegiatan kurban. Selain meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt, juga sebagai
pelatihan bagi para siswa tentang cara-cara penyembelihan hewan kurban yang baik dan benar, sehingga pada saatnya kelak, mereka akan mampu melakukannya ketika terjun di masyarakat. Sedangkan manfaatnya bagi sekolah adalah lebih meningkatkan rasa kebersamaan, kekompakan, solidaritas, dan kebersamaan, serta kesetiakawanan, serta empati kepada sesama.

Sementara itu, Asep Kurnia, S.PdI, selaku Komite dan ketua pelaksana menyampaikan bahwa jumlah hewan yang disembelih sebanyak satu ekor sapi dan tiga ekor domba. Dana pembelian hewan kurban tersebut didapatkan dari infak seluruh warga sekolah, termasuk orang tua siswa baru.

” Alhamdulillah terkumpul dana yang cukup untuk membeli seekor sapi sehingga tahun ini Dupong kembali menyembelih seekor sapi. Di samping itu, kepala sekolah juga menyumbangkan kurban seekor domba. Semua paket daging kurban sejumlah 98 bungkus disalurkan secara langsung dengan sasaran utamanya adalah peserta didik yatim piatu serta masyarakat sekitar lingkungan sekolah, ujarnya

Di sisi lain, pendistribusian daging kurban  melibatkan tokoh warga dan dibantu oleh pengurus OSIS. Pada kesempatan ini, Asep Kurnia juga berpesan agar para peserta didiknya mampu menghilangkan hawa nafsu hewan, sehingga mereka menjadi pribadi yang  beakhlakul karimah. Menurutnya, dengan berbagi berkah Idul Adha ini, penerima merasa senang dan semangat beribadah tandasnya, serta turut menambah keberkahan untuk Keluarga Besar SMPN 2 Parongpong melalui doa-doa penerima manfaat.

Begitupun dengan Eva Marviana, S.Pd selaku Wakasek Kesiswaan menyampaikan bahwa penyelenggaraan pemotongan hewan qurban merupakan program rutin tahunan, yang menjadi salah satu upaya sekolah untuk meningkatkan karakter serta wawasan keagamaan. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkembangkan sikap kepedulian dan rela berkorban seluruh warga sekolah.

Berkaitan dengan meminimalisasi penyebaran Covid-19 dan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), pihak penjual telah melakukan pemeriksaan, berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan pemeriksaan terhadap hewan yang akan disembelih. Alhamdulillah, hewan kurban kita sehat semuanya. Di samping itu, semua petugas menerapkan protokol kesehatan dengan aman dan tertib, tandas Eva.

Akhirnya, setelah rangkaian kegiatan usai, penulis menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia. Semoga pada kegiatan tahun depan, dupong dapat menyembelih hewan kurban dengan jumlah lebih banyak, sehingga nilai manfaatnya dapat terasa jauh lebih besar khususnya bagi warga yang berada di lingkungan sekolah.

Kami berharap semoga amal ibadah dan niat baik semua pihak dalam kegiatan tersebut, dapat menumbuhkan nilai positif bagi sekolah, khususnya para peserta didik di lingkungan SMPN 2 Parongpong.

Kita maknai Idul Adha ini sebagai sarana ibadah dan ketaatan kita kepada Alloh SWT. Kurban bukan hanya sekedar mengingat sejarah, akan tetapi ke depan peserta disik harus mampu mempersiapkan dorongan kejiwaannya untuk ikut bersama- sama menikmati Hari Raya Idul Adha sebagai momentum ibadah kepada Alloh SWT. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin. 

Penulis adalah Kepala SMPN 2 Patongpong Kab. Bandung Barat. Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun – Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *