Anda Perlu Buku Siswa Kurikulum Merdeka Jenjang SMP?

Menjelang Tahun Pelajaran 2024/2025, bagi sekolah jenjang SMP yang baru memberlakukan Kurikulum Merdeka tengah berbenah untuk melengkapi kelengkapan pendukungnya, seperti Analisis Tujuan Pembelajaran (ATP), Capaian Pmbelajaran (CP), dan tentu saja perangkat ajarnya.

Seperti diketahui, Kurikulum Merdeka merupakan sebuah kerangka yang perlu diterjemahkan menjadi kurikulum di tingkat satuan pendidikan.

Terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan tentang Kurikulum Merdeka. Di antaranya, kurikulum operasional yang cocok untuk sebuah satuan pendidikan di Jakarta Pusat misalnya, bisa jadi berbeda dengan sekolah yang ada di Kepulauan Seribu. Projek penguatan karakter yang cocok untuk murid-murid di kota metropolitan akan berbeda dengan yang cocok untuk mereka yang ada di kota nelayan atau di desa yang agraris.

Selanjutnya, fleksibilitas Kurikulum Merdeka memerlukan inisiatif, keaktifan, dan juga kepercayaan diri Ibu dan Bapak guru untuk merancang kurikulum operasionalnya sendiri.

Sejatinya,Kurikulum Merdeka bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkeadilan bagi semua murid, dan dirancang selaras dengan program-program Merdeka Belajar yang lain. Selain itu,Kurikulum Merdeka dibuat sebagai kerangka yang fleksibel dan memerdekakan, untuk disesuaikan dengan visi misi sekolah, fasilitas sekolah, serta kebutuhan belajar murid, sehingga dapat diterapkan di semua satuan pendidikan dengan beragam kondisi.

Atas hal di atas Kurikulum Merdeka mendorong dan memudahkan pembelajaran. Sehingga, Kemendikbudristek sudah menyediakan banyak contoh kurikulum operasional, modul pembelajaran, dan dokumen-dokumen lain di Platform Merdeka Mengajar. Tidak ada kewajiban satuan pendidikan untuk membuat dokumen-dokumen baru dari nol. Perlu diingat bahwa perubahan kurikulum ini seharusnya bukan soal administrasi, tetapi perbaikan kualitas pembelajaran.

Akhirnya, Satuan pendidikan boleh memilih di antara tiga opsi dalam penerapan Kurikulum Merdeka, opsi mandiri belajar, mandiri berubah, dan mandiri berbagi. Dan, Kunci keberhasilan penerapan Kurikulum Merdeka adalah refleksi bersama yang dilakukan para guru dalam komunitas belajar baik di masing-masing satuan pendidikan maupun antar satuan pendidikan.

Tonton link video berikut ini. Video untuk memahami IKMĀ 

Untuk memudahkan para guru dalam memahami Kurikulum Merdeka, kami sediakan link sejumlah Buku Siswa Kelas 7 SMPĀ  yang bersumber dari https://buku.kemendikbud.go.id

1. Bahasa Indonesia

2. Bahasa Inggris

3. Informatika

4. IPA

5. IPS

6. PAI BP

7. Matematika

8. Pendidikan Pancasila

9. PJOK

Semoga bermanfaat. Semangat Menginsipirasi!