“BBB” – Bersama Baca Senyap dan Bercerita

Oleh: Abdul Gopur, S.Pd., Gr.
(SMK Gema Nusantara 5 Cikalongwetan)

 

Literasi adalah keterampilan dasar yang sangat penting bagi siswa SMK. Kemampuan membaca, menulis, dan berbicara dengan baik serta memahami informasi dan konsep yang kompleks akan membantu mereka mempersiapkan diri untuk kehidupan di dunia kerja yang semakin menuntut.

Oleh karena itu, siswa SMK harus diberikan pelatihan dan pendidikan yang cukup untuk mengembangkan literasi mereka agar siap menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompleks dan kompetitif. Dalam pendidikan guru penggerak ini kami memperoleh pemahaman bagaimana menumbuhkan kepemimpinan murid atau students agency. Berawal dari situasi yang penulis hadapi di sekolah, dipadukan dengan ilmu yang penulis dapatkan dalam pendidikan guru penggerak ini, Penulis mencoba membuat sebuah rencana program yang berdampak positif pada murid, program yang dapat menumbuhkan kepemimpinan murid, yaitu BBB akronim dari Bersama Baca Senyap dan bercerita.

Program Kokurikuler Literasi BBB ini adalah program dengan pendekatan aset/kekuatan (asset based thingking) dengan memanfaatkan aset-aset yang ada di sekitar sekolah, kegiatan ini dilatar belakangi oleh : (1) Berdasarkan data Rapor Pendidikan 2024 diperoleh data nilai kemampuan Literasi berwarna kuning yang artinya sedang; (2) Mempersiapkan siswa agar siap kerja dan memasuki dunia usaha dan industri (karakter siswa yang cerdas, kreatif, dan inovatif.); (3) SMK Gema Nusantara 5 memiliki aset-aset atau modal utama yaitu modal manusia, modal fisik , dan modal  finansial.

Tujuan dari program BBB adalah menumbuhkembangkan kemampuan murid dalam keterampilan membaca dan bercerita. Suara (voice), pilihan (choice) dan kepemilikan (ownership) siswa dilibatkan untuk menguatkan program ini.

Aset yang dimiliki di antaranya murid yang kreatif, bahan bacaan sudah tersedia, guru pembina yang membimbing murid, sarana dan prasarana yang mendukung terlaksananya program ini. Kegiatan BBB dilakukan pada setiap kamis pagi, dengan program ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi peserta didik melalui kegiatan kreatif dan inovatif dengan pemanfaatan aset sekolah.

Capaian yang diharapkan dari program ini adalah terbentuknya lingkungan positif yang dapat menumbuhkembangkan kepemimpinan murid. Beberapa karakteristik yang diharapkan tumbuh di antaranya meningkatkan keterampilan berinteraksi dengan sesama murid, berkolaborasi dan bekerja sama dengan sesama, keterampilan berkomunikasi, dan menjadi sarana melatih murid untuk menerima dan memahami kekuatan diri mereka sendiri, menghargai kekuatan teman-teman yang lain.

Murid diberi kebebasan menentukan apa yang akan dibaca dan kemudian diceritakan di hadapan teman-temannya. Langkah-langkah yang dilakukan di antaranya perencanaan dengan melakukan diskusi dengan pimpinan mengenai rencana program, dilanjutkan dengan pelaksanaan yaitu berdiskusi dan merancang bersama murid apa saja yang akan dibaca. Diskusi dipimpin oleh murid dan guru berperan sebagai fasilitator.

Akhirnya, pengembangan literasi bagi siswa SMK melalui program BBB adalah langkah penting dalam mempersiapkan mereka untuk masa depan yang cerah. Literasi adalah fondasi yang kuat untuk karier yang sukses dan perkembangan pribadi yang matang. Dengan mengadopsi strategi-strategi yang relevan dan melibatkan siswa secara aktif, SMK dapat membantu siswa meraih potensi penuh mereka dan menjadi anggota masyarakat yang berpendidikan dan berkompeten. Dengan pengembangan literasi yang kuat, siswa SMK dapat membuka pintu kesuksesan dalam berbagai bidang pekerjaan dan kehidupan mereka. *

 

Profil penulis,
Abdul Gofur.Seorang guru Bahasa Inggris yang berdedikasi di SMK Gema Nusantara5, dengan pengalaman mengajar selama lebih dari 6 tahun. Memiliki gelar sarjana dalam pendidikan bahasa Inggris, serta sertifikasi pengajaran yang terkini. Selain kemampuan mengajar, juga memiliki keahlian dalam memanfaatkan teknologi dalam proses pengajaran. Berkomitmen untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, interaktif, dan mendorong siswa untuk mencapai potensi maksimal mereka dalam bahasa Inggris.