BUPATI LUMPAT NGARIKSA LEMBUR DI DESA GANJARSARI

Berita : N. Mimin Rukmini

CIKALONGWETAN- NEWSROOM– Minggu (10/3/19), Bupati Bandung Barat dengan Program Bandung Barat Lumpat Ngariksa Lembur, berkunjung ke wilayah kecamatan  Cikalongwetan tepatnya ke Desa Ganjarsari. Adapun maksud kunjungan Bupati adalah untuk mengetahui secara langsung kondisi wilayah di Desa Ganjarsari tersebut. Padatnya acara, menyebabkan rencana kunjungan Bupati yang tadinya jam 15.00 sore, mundur menjadi pukul 16.15. Selain ke Desa Ganjarsari, rencananya Bupati juga akan singgah ke SMPN 4 Cikalongwetan, akan tetapi karena kondisi yang tidak memungkinkan akhirnya petemuan berlangsung di Madrasah Kampung Nagrak.

Iringan musik Marching Band SMPN 4 Cikalongwetan yang membawakan lagu “Halo Halo Bandung” dan lagu “Di Sini Senang Di Sana Senang” menyambut kedatangan Bapak Bupati. Anak-anak berjejer dengan melambaikan bendera kecil bersemangat dan antusias menyambut kedatangan Bapak Bupati. Dalam sesi diskusi di Madrasah Nagrak, warga sekolah SMPN 4 Cikalongwetan berbaur dengan masyarakat untuk berdialog langsung dengan Bupati.

Ahmad Sunaya, tokoh masyarat Ganjarsari menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya atas kunjungan Bupati Bandung Barat ke daerahnya yang merupakan daerah pinggiran. Ahmad Sunaya mengungkapkan secara garis besar kondisi lingkungan desa Ganjarsari serta memperkenalkan pula keberadaan SMPN 4 Cikalongwetan yang baru berdiri namun sudah mulai terlihat prestasinya. Selain itu diperkenalkan pula gerakan literasi di sekolah maupun di masyarakat yang  digalakan SMPN 4 Cikalongwetan..

Sementara itu, dalam sambutannya di hadapan Bupati, Kepala Desa Ganjarsari mengucapkan terimakasih kepada SMPN 4 Cikalongwetan karena program-program sekolahnya telah banyak menyentuh masyarakat Ganjarsari,  yang salah satu sentuhannya berupa gerakan literasi masyarakat. Masyarakat merasa mendapat penyegaran ilmu dan mulai menerapkan ilmu tersebut dalam bentuk keterampilan yang bermanfaat.

Di sisi lain  Kepala SMPN 4 Cikalongwetan juga berharap,dengan terjalinnya kerjasama antara sekolah dan masyarakat dapat meningkatkan kualitas pendidikandi Desa Ganjarsari pada khususnya, dan di Bandung Barat pada umumnya.

Dalam kesempatan itu diberikan juga beberapa karya tulis berupa buku karya Guru yang ditulis oleh Endang wahyu Widiasari, yang  berjudul “Gerakan Literasi Masyarakat”, “Keceriaan Di Ruang Kelas” dan “Cahaya Di Kaki Burangrang”. Bupati memberikan apresiasi yang positif terhadap buku-buku karya guru tersebut dan juga memotivasi agar para guru di SMPN 4 Cikalongwetan terus berkarya dan berkreasi. Bupati tampak tertarik dengan salah satu buku dengan judul “Gerakan literasi masyarakat”.

Diskusi antara warga masyarakat, warga sekolah dan Bupati Bandung Barat berjalan secara harmonis. Walaupun Bupati merupakan seorang pejabat, namun Bupati bisa berbaur dengan masyarakat tanpa menjaga jarak. Bupati ingin lebih dekat dengan warganya agar pembangunan di Kabupaten Bandung Barat bisa berjalan dengan baik dan lancar. Semoga saja Visi Misi yang dicanangkan bisa tercapai yaitu AKUR ( Aspiratif, Kreatif, Unggul dan Religius) dengan jargon LUMPAT nya bisa membawa masyarakat Bandung Barat sejahtera lahir dan batin.