Contoh Laporan Observasi Kinerja Guru Untuk PMM

Oleh: Adhyatnika Geusan Ulun
(Kepala SMPN Satu Atap Lembang)

 

Pelaksanaan observasi kelas (classroom observation) adalah mengadakan pengamatan terhadap segala hal yang berhubungan dengan proses belajar mengajar yang terjadi di dalam kelas. Hal ini bertujuan agar observer dapat mempelajari praktik mengajar pada setiap guru yang diobservasi, untuk selanjutnya dijadikan refleksi untuk perbaikan pembelajaran kedepannya.

Observasi ini dilakukan untuk menciptakan inovasi dalam proses belajar mengajar dalam kelas agar selalu tercipta suasana pembelajaran yang bermakna.

Kegiatan observasi ini merupakan proses take and give  antara guru mata pelajaran dengan teman sejawat.. Dari kegiatan ini, baik observer, maupun guru memeroleh pengalaman bermakna, sehingga nantinya dapat meningkatkan kompetensi dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran yang berpihak pada peserta didik, dan pada akhirnya dapat meningkatkan mutu layanan pendidikan di satuan pendidikan.

Adapun tujuan dari observasi kelas kinerja guru adalah, untuk:

  1. Untuk mengetahui segala yang berhubungan dengan proses belajar mengajar yang berlangsung dalam kelas, yang mana meliputi:-Pihak guru, siswa, dan faktor fisik dalam kelas.
  1. Sebagai pengalaman berharga bagi guru dalam rangka mengembangkan dirinya sebagai pemimpin pembelalaran.

Sedangkan manfaat yang dapat kita petik dari pelaksanaan observasi kelas. di antaranya:

  1. Agar guru dapat dapat melihat atau menyadari apa yang sebenarnya dilaksanakan selama mengajar,
  2. Agar guru dapat mengembangkan keterampilan dalam menggunakan berbagai strategi mengajar.
  3. Agar guru mendapatkan pengalaman yang lebih dari hasil pengamatan yang dilakukan seperti: Bagaimana cara membuka dan menutup pelajaran, bagaimana cara memberi penguatan, bagaimana pemilihan media pembelajaran dan penguatannya, dan bagaimana pemilihan bahan pengajaran.

Sementara untuk mekanisme penyusunan laporan observasi kelas disesuaikan dengan kondisi dan para penyusun dapat mengreasinya sendiri. Namun, umumnya seperti berikut ini.

  1. Judul
  2. Lembar Pernyataan
  3. Lembar Pengesahan
  4. Daftar Isi
  5. Pendahuluan
  6. Pelaksanaan Observasi
  7. Penutup
  8. Lampiran

Untuk lebih memberikan gambaran contoh laporan, dapat dilihat di link berikut ini.

https://drive.google.com/file/d/11uCAqYdxszQ_ZG3RhQKQL6f91qhGQMTW/view?usp=sharing

Jika tidak bisa diakses, pembaca dapat meminta akses kepada penulis secara gratis. (dikarenkan banyak permintaan, Link oleh admin diperbaharui agar memudahkan aksesnya. Terima kasih atas perhatiannya.red)

Demikian contoh laporan observasi kelas kinerja guru yang dapat menjadi salah satu referensi untuk pengelolaan kinerja di Platform Merdeka Mengajar. Salam Semangat. ***