Dampak Gadget Bagi Pelajar

Suci Lestari Efendi, S.Pd
(SMP PGRI Cililin)

Sering kali penggunaan gadget pada anak dianggap hal yang biasa apalagi dengan anak yang sedang pada usia ABG (anak baru gede), hal itu selalu dianggap wajar diera sekarang yang serba apapunnya menggunakan gadget. Hingga semua orang tua memberikan izin sepenuh nya kepada anak mereka untuk menggunakan gadget meskipun umur nya masih belia, padahal yang seperti itu tidak seharusnya disepelekan.

Banyak sekali dampak buruk gadget untuk anak, contohnya anak menjadi ketergantungan kepada gadget. Mereka yang sudah ketergantungan akan sulit untuk melakukan hal-hal yang seharusnya dilakukan di usia mereka.

Pada siswa jenjang SMP pun anak-anak akan lebih memilih untuk memainkan HP nya dibandingkan mendengarkan guru yang sedang menjelaskan di depan, banyak pula diantara mereka yang selalu bergantungan mencari isi soal pada google, hal seperti itu seharusnya lah guru yang bertindak.

Dampak lain nya juga bisa kita lihat di kehidupan sehari-hari, seringkali saya menjumpai siswa yang lebih memilih bermain hp dibandingkan membaca buku.
Di era sekarang banyak sekali macam aplikasi yang seru untuk dimainkan contoh nya tiktok yang sering digunakan hampir oleh semua orang, terutama siswa SMP.

Banyak sekali dampak negatif yang ada di tiktok, banyak dari siswi smp yang berjoget-joget dengan menggunakan pakaian sexy karena mengikuti apa yang mereka tonton di hp mereka. Selain itu dampak negative lain nya yaitu dari radar sinyal yang ada di hp bisa mengganggu pertumbuhan seorang anak.

Selai dari dampak negative dalam penggunaan gadget untuk siswa SMP, adapun dampak postif nya yaitu, mereka dapat lebih mengetahui atau memahami materi yang telah dipelajari di sekolah, lebih mengetahui dunia luar dan lain sebagainya.

Sebagaimana mestinya sesuatu yang kita kerjakan bila itu baik pasti kita juga akan mendapatkan yang lebih baik. Seharusnya orang tua dan guru menjelaskan bagaimana dampat negatif itu kepada anak-anak agar mereka bisa lebih menggunakan gadget nya  dengan lebih bijak lagi.

Oleh karena itu orang tua diharapkan untuk lebih memprihatikan apa yang dilakukan oleh anak-anaknya saat menggunakan gadget, lebih bijak dan tegas lagi untuk kebaikan anak sendiri. Tak salah jika kita melarang atau membatasi saat menggunakan HP kepada anak sendiri, karena itu untuk kebaikan nya.

Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun-Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat.