Kesulitan Anak SMP Mutiara 5 Lembang Saat Memilih Sekolah Lanjutan

Yesa Ika Trisnawati, S.Pd
(SMP MUTIARA 5 LEMBANG)

Selain dilanda kegundahan karena sebentar lagi mereka akan menghadapi ujian sekolah untuk menentukan bahwa mereka benar-benar selesai menempuh pendidikan di jenjang SMP mereka juga merasa kebingungan dalam menentukan pilihan antara melanjutkan ke SMA atau SMK.

Seperti yang kita ketahui bahwa tingkat selanjutnya setelah jenjang SMP adalah SMA ataupun SMK, sangat sulit bagi mereka untuk menentukan pilihan yang memang cocok dengan bidangnya dan minatnya. Hal yang membuat mereka sulit untuk memilih disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya; Ikut-ikutan teman sekelasnya, pertimbangan dampak positif dan negatif dari apa yang telah mereka pilih.

Disisi lain mereka akan merasa terpengaruh dengan lingkungan tempat mereka tinggal. Seperti yang kita ketahui ketika anak memilih ke jenjang SMA ada beberapa kelebihan yang didapatkan seperti mempelajari segala bidang secara luas, bisa menentukan peminatan sejak awal, biaya pendidikan lebih murah, dapat melanjutkan ke PTN atau PTS dengan mudah, peluang untuk mengambil jurusan yang sesuai dengan minat serta cocok untuk anak-anak yang suka belajar dan menggali berbagai informasi baik di bidang akademik ataupun non akademik.

Namun selain itu, ada beberepa kelemahan yang harus juga dipertimbangkan diantaranya adalah; a) Materi tidak terlalu fokus, b) Kurang cocok untuk seseorang yang ingin langsung bekerja.

Selain kelebihan dan kekurangan jenjang SMA, adapula kelebihan dan kekurangan jenjang SMK seperti yang di utarakan oleh dzikry dalam blognya yakni; a) Daftar langsung terjun pada jurusan yg diinginkan, b). Lebih fokus pada materi sesuai dengan jurusan yang di pilih, c). Lebih mengutamakan praktek daripada materi. Selain itu ada beberapa kelemahan juga yang harus dipertimbangkan ketika merek memilih jenjang SMK seperti tidak dapat mempelajari ilmu yang lain, sangat terbatas memilih jurusan ketika melanjutkan ke tingkat PTN.

Kelebihan dan kekurangan dari SMA ataupun SMK menjadi informasi penting yang wajib di ketahui oleh  para siswa-siswi dari SMP MUTIARA 5 Lembang, agar dapat mempertimbangkan apakah siswa-siswi melanjutkan ke jenjang SMA atau SMK.
Tentu saja dengan ada informasi-informasi diatas siswa-siswi menjadi semakin yakin dan paham dalam memilih SMA atau SMK.

Oleh karena itu, kita selaku guru dituntut untuk mengarahkan kemampuan peserta didik sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing.

Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun-Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat.