DISDIK BANDUNG BARAT GELAR BIMTEK KURIKULUM

Lembang-(Newsroom). Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang SMP. Kegiatan diikuti oleh para wakil kepala sekolah bidang kurikulum dari 163 SMP negeri dan swasta se Kab. Bandung Barat tersebut , dilaksanakan di Gumilang Regency Bandung, Selasa (26/10/21).

Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdik KBB, Rustiyana, dalam sambutannya menyampaikan kurikulum merupakan jantung pelaksanaan pelayanan pendidikan di setiap satuan pendidikan. Oleh karena itu, kegiatan di atas digelar sebagai penguatan kompetensi para wakasek kurikulum dalam membantu tercapainya kualitas pendidikan di masing-masing sekolah.

“Kegiatan Bimtek Penguatan Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan jenjang SMP ini diselenggarakan sebagai salah satu upaya Disdik KBB dalam memperkuat kompetensi para wakasek bidang kurikulum SMP negeri dan swasta. Hal ini sangat penting, mengingat kurikulum merupakan jantung sekolah, dalam kaitannya dengan pelayanan pendidikan di masing-masing satuan pendidikan,” ujarnya.

Lebih jauh disampaikan, di era revolusi industri 4.0 saat ini, sudah saatnya warga sekolah menyikapinya dengan meningkatkan kapasitas diri dalam penguasaan teknologi informasi. Hal ini sangat penting dilakukan agar sekolah menghasilkan lulusan yang unggul, dan mampu bersaing di tingkat global.

Selanjutnya, kegiatan di atas juga untuk memberikan sejumlah informasi tentang kebijakan umum Disdik KBB. Termasuk program-program yang digulirkan pemerintah baru-baru ini, seperti sekolah penggerak, guru penggerak, dan implementasi pendidikan karakter melalui Profil Pelajar Pancasila. Menurutnya, hal tersebut perlu didukung semua pihak agar mutu pendidikan di Kab. Bandung Barat semakin maju dan sesuai dengan cita-cita pendidikan nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Di sisi lain, Rondang Okinda selaku Ketua Panitia Penyelenggara, menyampaikan kegiatan di atas merupakan momentum terbaik bagi sekolah dalam memperkuat pemahaman mengenai kurikulum. Menurutnya, hal ini diperlukan untuk mengoptimalkan segala potensi warga sekolah yang diawali dengan sejumlah analisis konteks, seperti potensi daerah, satuan pendidikan, karakteristik siswa, yang semuanya bermanfaat dalam penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan.

“Bimtek ini merupakan momentum terbaik bagi sekolah dalam memperkuat pemahaman mengenai kurikulum. Hal ini sangat diperlukan untuk mengoptimalkan segala potensi warga sekolah yang diawali dengan sejumlah analisis konteks, seperti potensi daerah, satuan pendidikan, karakteristik siswa, yang semuanya bermanfaat dalam penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan nantinya,” tandasnya.***

Berita dan Foto: Adhyatnika Geusan Ulun