DISDIK CIMAHI DAN DISDIK BANDUNG BARAT LAKUKAN MOU PLL DENGAN POLRES CIMAHI


Bandung Barat-(Newsroom) Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat dan Dinas Pendidikan Kota Cimahi menyatakan kesiapannya untuk mengimplementasikan Pendidikan Lalu Lintas pada jenjang pendidikan di bawah kewenangannya, SD dan SMP. Hal itu disampaikan oleh Kadisdik Kab. Bandung Barat, Asep Dendih dan Kadisdik Kota Cimahi, Harjono disela-sela pelaksanaan penandatanganan nota Kerjasama Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Keselamatan Berlalu Lintas antara Disdik Kab. Bandung Barat dan Kota Cimahi dengan Polres Cimahi. Penandatanganan MoU dilaksanakan di Aula Polres Cimahi oleh Asep Dendih, Kadisdik Kab. Bandung Barat dan Harjono, Kadisdik Kota Cimahi dengan AKBP Indra Setiawan, Kapolres Cimahi, Selasa, (9/3/21).

Dalam penandatanganan Kerjasama tersebut, Asep Dendih menyampaikan bahwa pihaknya mendukung program pendidikan keselamatan berlalu lintas yang diinisiasi oleh Polri, sebagai upaya untuk memberi pemahaman komprehensif tentang pentingnya mengedepankan keselamatan dalam berlalu lintas.  Upaya ini akan sangat bermanfaat guna mengedukasi siswa sekolah jenjang SD dan SMP di bawah binaannya, sehingga mereka akan memiliki pengetahuan yang cukup tentang berlalu lintas sejak dini.

“Saya dengan seluruh unsur pada Dinas Pendidikan mendukung keterlaksanaan program ini karena akan memberi bekal komprehensif terkait dengan tata cara berlalu lintas dengan baik kepada siswa,” ujar Asep Dendih.

Sedangkan dengan di atas,  Harjono mengungkapkan dirinya dengan jajaran Disdik Kota Cimahi sangat mendukung penerapan program pendidikan keselamatan berlalu lintas. Penerapan program ini memiliki kesejalanan dengan implementasi Penguatan Pendidikan Karakter sudah digulirkan atas inisiasi Kemendikbud. Program ini akan lebih menyentuh dan memperkuat penerapan kedisiplinan siswa.

“Program ini memiliki kesejalanan dengan implementasi PPK yang dilaksanakan oleh setiap sekolah di bawah kewenangan Disdik Cimahi,” ujar Harjono.

Di lain pihak, Indra Setiawan dalam sambutannya mengungkapkan bahwa penerapan pendidikan keselamatan berlalu lintas akan sangat bermanfaat bagi seluruh siswa, sehingga mereka akan mengetahui sejak dini tentang tertib berlalu lintas. Dengan demikian, setelah cukup usia mereka, akan mudah mendapat SIM karena sudah paham sejak dini tentang tata cara berlalu lintas dengan tertib dan disiplin.

“Penerapan program ini akan sangat bermanfaat bagi siswa SD maupun SMP dalam menerapkan disiplin berlalu lintas,” papar Indra Setiawan.

Disampaikan pula bahwa ruang lingkup kerjasama yang dibangun antara Polres Cimahi dengan Disdik Bandung Barat meliputi penyusunan silabus keselamatan berlalu lintas, workshop penyusunan silabus, serta sosialisasi pelaksanaannya di Bandung Barat.
“Ruang lingkup Kerjasama yang dilakukan dengan Kab. Bandung Barat dan Kota Cimahi ini mencakup tiga hal utama,” pungkasnya. ***