Eli Maftuh Falah: Guru Diharapkan Terus Mengembangkan Diri

Cipongkor-(Newsroom). Pengawas Pembina Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat. Eli Maftuh Falah, menyampaikan guru diharapkan dapat mengembangkan diri sebagai salah satu peningkatan kualitas pelayanan pendidikan. Hal ini disampaikannya saat mengadakan kunjungan kerja ke SMPN 1 Cipongkor, Senin (14/2/22).

Lebih jauh disampaikan, guru saat ini diharapkan juga berperan sebagai pemimpin pembelajaran, menjadi coach bagi guru lainnya, berkolaborasi antar rekan sejawat, menggerakan komunitas praktisi, dan mewujudkan kepemimpinan murid. Menurutnya, hal ini dapat diwujudkan jika guru mampu menggali dan mengembangkan potensi dirinya untuk kemajuan pendidikan.

“Saat ini guru diharapkan dapat berperan sebagai pemimpin pembelajaran, menjadi coach bagi guru lainnya, berkolaborasi antar rekan sejawat, menggerakan komunitas praktisi, dan mewujudkan kepemimpinan murid. Semuanya ini dapat diwujudkan kita, guru, bisa menggali dan mngembangkan potensi dirinya untuk kemajuan pendidikan yang sangat bermanfaat bagi semua pihak,” ujarnya.

Semnetara itu, Kepala SMPN 1 Cipongkor, Agus Solihin, mengungkapkan kegiatan di atas merupakan agenda rutin dinas yang digelar sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran para guru, terlebih materi programnya berfokus pada kelengkapan administrasi dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar. Hal ini sangat penting diimplementasikan oleh guru untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.

“Materi yang disampaikan Pengawas Pembina, merupakan agenda rutin dinas yang digelar sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran para guru, terlebih materi programnya berfokus pada kelengkapan administrasi dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar. Semuanya penting diimplementasikan oleh guru untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Terlebih pembelajaran sekarang diarahkan kembali ke pembelajaran jarak jauh,” ungkapnya.

Lebih jauh ditambahkan, berkaitan dengan kebijakan pemerintah dalam merespon maraknya kembali pandemi Covid-19, maka Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat mengeluarkan sejumlah kebijakan turunan, seperti menerapkan PTMT 50 persen, mendorong pembelajaran daring, pemanfaatan learning management system (LMS) dengan menggunakan akun Belajar.id. semuanya harus disikapi dengan bijak oleh semua pihak

Di sisi lain, Hanifah Munfarijah, Guru Matematika, menyampaikan pembinaan dari pengawas pembina sub rayon 4 sangat membantu guru dalam perencanaan PBM, hal ini sangat bermanfaat untuk membangkitkan motivasi guru agar lebih baik lagi dalam KBM yang berpusat pada murid

“Pembinaan dari pengawas pembina sub rayon 4 sangat membantu guru dalam perencanaan PBM. Hal ini sangat bermanfaat untuk membangkitkan motivasi guru agar lebih baik lagi dalam KBM yang berpusat pada murid,” imbuhnya.

Senada dengan Kiki Karmila, Guru IPA, menandaskan kegiatan ini sangat diperlukan para guru dalam rangka meningkatkan kompetensinya. Sehingga diharapkan program ini terus berkelanjutan.

“Semoga kegiatan pembinaan seperti ini terus berkelanjutan, dan diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas dan kompetensi guru,” tandasnya.

Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun -Sumber Berita: Hanifah Munfarijah, S.Pd.Gr (Guru Matematika SMPN 1 Cipongkor)