GRAND PARENTING KOMITE SMP NEGERI 1 LEMBANG “MENDIDIK KARAKTER DENGAN KARAKTER”

Berita : Budhi Slamet

LEMBANG-NEWSROOM. “Mendidik anak merupakan tanggungjawab bersama antara orang tua di rumah, guru di sekolah dan masyarakat di lingkungan sekitarnya. Ketiga pilar tersebut harus bersinergi satu kata satu perbuatan, apa yang dibelajarkan di sekolah maka itu pula yang dibelajarkan di rumah dan di masyarakat. Maka diperlukan visi dan misi yang sama bagaimana mewujudkan anak-anak yang memiliki karakter baik, tangguh dan bertanggung jawab,” demikian diungkapkan Endang Supriatna, Kepala SMP Negeri 1 Lembang saat membuka acara Grand Parenting Orang Tua Siswa di gedung Sudirman Pusdikajen Lembang (13/12/2018).

Kegiatan parenting sendiri merupakan upaya pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga dengan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia dalam keluarga dan lingkungannya dalam hal ini adalah sekolah, bentuk kegiatannya berupa belajar secara madiri. Kegiatan parenting merupakan interaksi berkelanjutan antara orang tua dan anak atau lebih dikenal dengan istilah pengasuhan. ESQ (Emotional Spiritual Quotient) parenting adalah pelatihan parenting yang mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai spiritual dan kecerdasan emosional kepada keluarga. Dengan kegiatan ini orang tua diharapkan mampu menumbuhkan dan mengelola potensi anak.

Grand Parenting untuk orang tua siswa di SMPN 1 Lembang diselenggarakan satu hari dan merupakan event yang digelar setiap tahun, tahun ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraannya. Kegiatan ini diselenggarakan berkat kerjasama dengan komite sekolah dengan menghadirkan narasumber yang ahli di bidang pendidikan orang tua tingkat nasional. Dengan mengusung tema “Mendidik Karakter dengan Karakter” Grand Parenting kali ini menghadirkan Ida S. Widayanti pakar parenting ESQ yang juga seorang penulis buku-buku bidang pendidikan yang produktif.

Secara umum tujuan kegiatan parenting adalah mengajak para orang tua untuk bersama-sama memberikan yang terbaik untuk anak-anak mereka. Sedangkan secara khusus tujuan pengembangan program parenting adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam melaksanakan perawatan, pengasuhan dan pendidikan anak di dalam keluarga sendiri dengan landasan dasar-dasar karakter yang baik.

“Dekadensi moral yang terjadi akhir-akhir ini sebagai bagian dari dampak negatif kemajuan teknologi informasi di era revolusi industri 4.0 mewajibkan orang tua untuk membekali diri dengan keterampilan-keterampilan mendidik anak zaman now, salah satunya melalui kegiatan parenting. Diharapkan orang tua mendapatkan pencerahan berupa pemahaman dan keterampilan dalam melakukan pola asuh anak untuk membentuk anak-anak yang memiliki karakter baik.” Pungkas Endang.