GURU BANDUNG BARAT IKUTI UJI KETERBACAAN BUKU SERI PJJ

Bandung-(Newsroom). Sebanyak delapan guru Kab. Bandung Barat mengikuti Uji Keterbacaan Buku Seri Pembelajaran Jarak Jauh. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Dikdas Ditjen GTK Kemdikbud tersebur,  diikuti oleh 40 guru yang mrngampu empat mata pelajaran,  yakni Bahasa Indonesia,  Bahasa Inggris,  IPA dan Matematika, dari Kab.  Bandung Barat,  Kab.  Bandung, Kota Bandung,  dan Kota Cimahi, dilaksanakan di The Cipaku Garden Hotel Bandung, Sabtu (5/12/20).

Direktur GTK Dikdas,  Rachmadi Widdiharto,  mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya pihaknya dalam melakukan pembinaan dan peningkatan kompetensi guru di masa pandemi Covid-19, dan di era kenormalan baru sekarang ini. Menurutnya,  hal ini juga merupakan kegiatan yang mendokumentasikan materi hasil seri webinar guru belajar yang telah diselenggarakan selama satu bulan baru-baru ini.

“Program ini dilaksanakan sebagai upaya melakukan pembinaan dan peningkatan kompetensi guru di masa pandemi Covid-19, dan di era kenormalan baru. Selain itu, kegiatan ini pun untuk mendokumentasikan materi hasil seri webinar guru belajar yang telah diselenggarakan selama satu bulan baru-baru ini,” ungkap Rachmadi saat membuka kegiatan.

Disampaikannya juga bahwa tujuan lain dari kegiatan di atas adalah untuk mengetahui kesesuaian substansi Buku Seri Pembelajaran Jarak Jauh, dikarenakan buku tersebut bersifat implementatif.

Sementara itu,  Idris Afandi,  Narasumber,  menyampaikan bahwa selain tujuan di atas,  kegiatan ini pun dimaksudkan untuk mengetahui tingkat kemudahan dalam memahami isi Buku Seri Pembelajaran Jarak Jauh tersebut.  Kemudian, juga untuk mengetahui kesesuaian antara isi buku dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku. Selanjutnya juga untuk mengetahui kelengkapan komponen dan kesesuaian desain dan ilustrasinya.

Ditambahkannya bahwa hasil dari kegiatan ini adalah agar terhimpunnya data tentang kemudahan memahami isi buku, dan kesesuaian isi. Sehingga akan terhimpun masukan-masukan dan perbaikan dan penyempurnaan isi buku.

Di sisi lain,  Sri Sunarti,  Guru SMPN 1 Sindangkerta Kab. Bandung Barat,  menyampaikan bahwa kegiatan di atas sangat menginspirasi dirinya untuk ikut berkarya seperti para penulis dalam buku tersebut.

“Kegiatan ini sangat menginspirasi kami untuk juga berkarya seperti halnya para penulis buku seri PJJ ini.  Semoga hal ini juga memotivasi rekan-rekan guru lainnya,” tandasnya. ***

Berita: Adhyatnika Geusan Ulun

Foto Ekslusif Newsroom.