INDAHNYA AKHLAK RASULULLAH DALAM SEMARAK MAULID NABI MUHAMMAD SAW DI SMPN 1 SINDANGKERTA

Berita: Adhyatnika GU

SINDANGKERTA – (NEWSROOM). SMPN 1 Sindangkerta dalam upaya mengaplikasikan pendidikan karakter religius kepada seluruh warganya, mengadakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H. dengan mengambil tema “Meneladani Sikap dan Perilaku Rasulullah SAW.  (Jum’at (23/11/18). Kegiatan yang diprakarsai oleh para guru PAI dan didukung penuh oleh PKS Kesiswaan, melibatkan seluruh siswa dan guru serta menghadirkan penceramah yang merupakan alumni dari sekolah tersebut.

“Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW ini diselenggarakan dengan harapan bahwa tidak hanya sekedar memperingati secara lahiriah saja, akan tetapi yang paling utama adalah meneladani kehidupan Baginda Rasul dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Suhartono, kepala SMPN 1 Sindangkerta dalam sambutannya ketika membuka acara tersebut di atas.

Sementara itu, Adam Hidayatullah, dalam ceramahnya menyampaikan bahwa hadirnya Baginda Rasul SAW adalah mereformasi umat manusia yang dulunya biadab menjadi beradab. Dahulu umat manusia terjerumus pada praktek kemusyrikan dirubah oleh sang Nabi menjadi bertauhid kepada Allah SWT. Kemudian baginda Nabi menancapkan panji-panji kemuliaan Islam di tengah-tengah masyarakat jahiliyah dengan nilai-nilai keteladanan yang mulia. Sehingga dalam kurun waktu kurang dari 23 tahun, mampu mengubah satu bangsa menjadi terhormat karena kemuliaan akhlak beliau.

Di sisi lain Sri Sunarti, Wakasek Kurikulum, mengomentari bahwa peringatan hari keagaamaan di atas adalah sebagai bagian dari pendidikan karakter yang paling efektif guna menumbuhkembangkan kecintaan para siswa kepada Nabi Muhammad SAW sekaligus memberikan pemahaman bahwa terdapat sosok yang jauh lebih mulia dibandingkan dengan tokoh-tokoh manapun dilihat dari segi apapun, dari zaman dahulu hingga sekarang, yakni tokoh agung baginda Rasul Muhammad SAW.

“Semoga keteladanan Nabi Muhammad SAW dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, dan peringatan ini mudah-mudahan menjadi momentum yang baik guna meneruskan perjuangan Beliau,” pungkas Sri Sunarti.