Kompetensi Guru, Model, dan Pengembangan Profesi Guru

Lembang (Newsroom)- Guru harus memahami kompetensi, model dan pengembanggan profesi. Hal tersebut, sangat penting mengingat guru merupakan garda terdepan dalam peningkatan kualitas pelayanan pendidikan.

Hal tersebut disampaikan Sri Ayu Kusumaningsih selaku narasumber dalam kegiatan Bimbinga Teknis (Bimtek) Sertifikasi untuk Guru SMP yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat, Kamis (27/10/22).

“Sudah seharusnya seorang guru memhami komptensi yang melekat pada dirinya, termasuk model kompetensi dan pengembangan profesi. Semuanya sangat penting dilaksanakan agar kulaitas pendidikan di sekolah semakin meningkat,” paparnya.

Lebih jauh dipaparkan Bunda Ayu, berdasarkan Perdirjen GTK No 6565/B/GTK/2020, dalam model kompetensi guru pengetahuan profesional, praktik pembelajaran profesional dan pengembangan profesi, seorang guru harus dapat mengintegrasikan kompetensi yang melekat pada dirinya dengan perannya sebagai pemimpin pembelajaran.

“Guru harus dapat menginegrasikan kompetensi yang melekat pada dirinya, sesuai dengan perannya sebagai pembelajaran yang berpihak pada siswa,” imbuhnya. ****

Pewarta: Adhyatnika Geusan ULun-Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat.