Kwarran Gerakan Pramuka Gununghalu Gelar Lomba Tingkat

Gununghalu-(Newsroom). Pasca diberlakukannya Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) pada awal semester genap tahun pelajaran 2021/2022 lalu, geliat dunia pendidikan mulai terasa di berbagai wilayah di Indonesia tak terkecuali di Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat. Tidak hanya lini pendidikan formal tetapi juga pendidikan non formal, seperti gerakan Pramuka yang terus berbenah mengejar berbagai ketertinggalan setelah selama hampir dua tahun tidak melaksanakan berbagai kegiatan yang telah diagendakan dalam program kerjanya karena pandemi Covid-19.

Begitupun dengan Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Gununghalu segera berbenah dengan melaksanakan Musyawarah Ranting Luar Biasa (Musranlub) pada awal tahun 2022 sekaligus menyusun kembali program kerjanya untuk tiga tahun ke depan. Salah satu program kerja yang sedang dan akan dilaksanakan adalah Lomba Tingkat (LT) Penggalang untuk usia SD/MI dan SMP/MTs se-wilayah Kwarran Gununghalu, Hal ini pun sesuai dengan surat edaran dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Bandung Barat tentang petunjuk teknis pelaksanaan LT III Kwarcab Bandung Barat. Atas surat edaran kwarcab tersebut, kwartir ranting Gununghalu telah menyusun agenda rangkaian kegiatan LT II di tingkat Kwarran Gerakan Pramuka Gununghalu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang diberlakukan pemerintah.

Dari sembilan Koordinator Desa (KORSA) dan enam puluh Gugus Depan (Gudep) SD/MI dan SMP/MTs yang ada di Gununghalu, Gerakan Pramuka Kwarran Gununghalu membagi zona penyelenggaraan LT II  menjadi empat wilayah yang kemudian disebut LT II wilayah. Keempat wilayah tersebut adalah wilayah I (Cilangari dan Sindangjaya) dengan 12 Gudep SD/MI dan 2 Gudep SMP/MTs, wilayah II (Bunijaya dan Sirnajaya) dengan 16 Gudep SD/MI dan 7 Gudep SMP/MTs, wilayah III (Gununghalu dan Tamanjaya) dengan 15 Gudep SD/MI dan 7 Gudep SMP/MTs, dan wilayah IV (Celak-Wargasaluyu dan Sukasari) dengan 17 Gudep SD/MI dan 9 Gudep SMP/MTs.

Kegiatan LT II wilayah I telah dilaksanakan di kawasan wisata Sindang Reret Desa Sindangjaya-Cilangari pada tanggal 5-6 Februari 2022 yang diikuti Gudep dari SD/MI. Sementara untuk Gudep SMP/MTs akan melaksanakan LT I secara mandiri, kemudian langsung akan mengikuti LT II tingkat Kwaran Gununghalu tanpa mengikuti LT II wilayah terlebih dahulu.

Sementara itu, Ketua panitia Wilayah I, Kak Daryat, kegiatan LT II wilayah I  yang dilaksanakan di kawasan wisata Sindang Reret merupakan awal yang baik setelah sekian lama Pramuka di wilayah Gununghalu sempat terhenti karena pandemi Covid-19. Selanjutnya, dipilihnya kawasan Sindang Reret karena dianggap sangat representatif untuk penyelenggaraan kegiatan-kegiatan Pramuka di masa depan.

“Kegiatan LT II wilayah I  yang dilaksanakan di kawasan wisata Sindang Reret merupakan awal yang baik setelah sekian lama Pramuka di wilayah Gununghalu sempat terhenti karena pandemi Covid-19. Sedangkan kawasan Sindang Reret dipilih karena dianggap sangat representatif untuk penyelenggaraan kegiatan-kegiatan Pramuka di masa depan. Bahkan menurut Kak Daryat, pengelola kawasan wisata ini siap bekerjasama untuk mendesain kawasan Sindang Reret menjadi kawasan yang lebih ramah untuk Pramuka,” ujarnya.

Di sisi lain, Ketua Kwarran Pramuka Gununghalu, Kak Ade Hermawan, yang hadir meninjau kegiatan tersebut mengatakan kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan menuju LT III yang akan dilaksanakan oleh Kwarcab Bandung Barat segera setelah LT II di semua wilayah Kwarcab Bandung Barat selesai dilaksanakan. Pihaknya juga menyampaikan terimakasih seluruh pihak yang ikut membantu terlaksananya kediatan di atas.

“Ucapan terimakasih kepada jajaran panitia, para Mabigus, dan pembina di wilayah I yang telah dengan sungguh-sungguh melaksanakan kegiatan  LT II ini, sehingga bisa dilaksanakan walaupun dalam kondisi serba terbatas. Disampaikan juga apresiasi kepada peserta kegiatan yang dengan penuh semangat dan sungguh-sungguh melaksanakan proses lomba dari awal sampai akhir,” ungkapnya.

Di kesempatan terpisah, Ketua PGRI Kecamatan Gununghalu, Asep Suherman, mewakili Ketua Mabiran mengatakan supaya Kwarran dapat terus bersinergi dengan berbagai pihak demi penguatan organisasi pramuka di Gununghalu.

Senada dengan para peserta yang menambahkan sangat senang mengikuti kegiatan dan berharap program di atas dapat terus dilaksanakan, sehingga mereka bisa selalu berkarya untuk mengembangkan diri dalam mempersiapkan masa depan.  ***

Reportase Nina Nurlina (Gununghalu)

Editor: Adhyatnika GU