Disdik KBB Selenggarakan Pasanggiri Nulis Carpon


Ngamprah (Newsroom) – Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat selenggarakan seleksi Pasanggiri Ngarang Carita Pondok (Carpon) untuk siswa jenjang SD dan SMP se-Kab. Bandung Barat dengan menggunakan moda dalam jaringan (daring), Selasa, (08/02/22). Kegiatan dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Bahasa Ibu Internasional tahun 2022. Kegiatan yang diselenggarakan merupakan upaya untuk lebih menguatkan kecintaan dan kebanggaan siswa terhadap bahasa Sunda sebagai bahasa ibu sebagian besar siswa di Kab. Bandung Barat.
Dalam kegiatan tersebut, Asep Dendih, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat menyampaikan apresiasinya terhadap seluruh siswa yang menjadi peserta pasanggiri ngarang carpon. Dirinya merasa bangga karena masih banyak siswa yang memiliki kebanggaan berbahasa Sunda. Indikatornya mereka mau dan mampu membuat carita pondok. Dari sekian ribu siswa di Kab. Bandung Barat, ternyata masih ada siswa yang memiliki kompetensi dalam penulisan carita pondok dengan menggunakan bahasa Sunda sebagai medianya.
“Saya sangat berbangga dan memberi apresiasi terhadap seluruh siswa yang menjadi peserta pada Pasanggiri Ngarang Carpon,” ungkap Asep Dendih.
Pada tahun-tahun mendatang pihaknya akan mengagendakan kegiatan memeriahkan Hari Bahasa Ibu Internasional menjadi kegiatan rutin. Selain itu, pihaknya akan mendorong berbagai potensi yang ada di Dinas Pendidikan untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan sejenis, sehingga kegiatan akan lebih banyak dan lebih meriah lagi.
“Pada tahun mendatang, saya akan mengajak berbagai potensi di Dinas Pendidikan untuk menyelenggarakan kegiatan sejenis secara rutin,” pungkasnya.
Dalam kesempatan lain, Fungsional Pengembangan Bahasa Daerah, Wika Karina Damayanti mengungkapkan bahwa kegiatan yang diselenggarakannya merupakan bagian dari rangkaian dalam rangka memeriahkan Hari Bahasa Ibu Internasional tahun 2022. Untuk memeriahkan Hari Bahasa Ibu Internasional tahun 2022, pihaknya menyelenggarakan beberapa kegiatan yaitu pasanggiri ngarang carpon untuk siswa SD dan SMP se-Kab. Bandung Barat dan talk show tentang bahasa dan sastra Sunda. Puncak kegiatan akan diselenggarakan pada tanggal 21 Februari 2022 dengan diisi oleh talk show dan penyerahan penghargaan bagi para juara.
“Kegiatan pasanggiri ngarang carpon merupakan rangkaian dari kegiatan memeriahkan Hari Bahasa Ibu Internasional tahun 2022 dengan puncaknya akan dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2022,” papar Wika K. Damayanti.
Dalam nuansa optimalisasi peran pemangku kepentingan pendidikan, seluruh kegiatan diselenggarakan dengan menggunakan moda daring dan hybrid. Pasanggiri Ngarang Carpon dilaksanakan dengan moda kombinasi daring dan luring. Demikian pula talk show akan dilaksanakan dengan moda hybrid (gabungan daring dan luring). Strategi ini diterapkan untuk menyingkirkan jauh-jauh tentang pandangan bahwa bahasa Sunda adalah bahasa tradisional yang tidak bisa disinergikan dengan fenomena perkembangan digital saat ini. Lebih jauh lagi, hal ini memberi gambaran bahwa upaya melestarikan bahasa Sunda bisa bernuansa kekinian.
“Dengan pamanfaatan perangkat digital dalam kegiatan ini dapat memberi gambaran bahwa upaya melestarikan bahasa Sunda bisa dilakukan dengan nuansa kekinian,” terangnya. **** DasARSS