Disdik KBB Gagas Lomba Minat dan Bakat Siswa

Cililin-(Newsroom). Program Kegiatan Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat tentang kegiatan kesiswaan yang telah diluncurkan, salah satunya adalah LMBKS (Lomba Minat Bakat dan Kreativitas Siswa) yang akan berlangsung antara Maret sampai dengan Mei 2022 yang digagas Bidang Pembinaan SD, direspon oleh semua elemen pendidikan di Kab. Bandung Barat. Salah satunya yang merespon adalah pemangku pendidikan di Kecamatan Cililin atas inisiatif KKPS Cililin.

Atas hal di atas, Ketua KKPS Cililin, Endang Kusnadi, mengundang Ketua Gugus, Kepala Sekolah, Ketua KKG, Ketua KKG PAI dan Ketua KKG PJOK untuk membahas dan menyukseskan kegiatan tersebut yang akan diselenggarakan di SDN Litasembada pada 7 Mei 2022. Selain itu, disosialisasikan petunjuk teknis serta pembentukan panitia dan rancangan program kegiatan.

Adapun kegiatan terdiri dari: Akademik dan non akademik, yakni Cerdas Cermat SD (LCC SD), Lomba Membaca Menulis berhitung (Calistung), Siswa Berprestasi (Sispres) Kompetisi Sains Nasional (KSN), Lomba Capaian kompetnsi dasar (LCKD) yang pesertanya siswa kelas 1 sampai kelas 5 SD, untu akademik. Sementara untuk non akademik meliputi Festival Lomba Literasi Nasional (FL2N) yang terdiri dari Lomba menulis Cerita pendek, Cipta Pantun, Cipta Syair, Baca Puisi dan Mendongeng.

Selain itu, diadakan pula Festival Seni dan Satra Nasional (FLS2N) yang terdiri dari menyanyi Tunggal, Gambar Bercerita, Pantomime, Seni Tari dan Kriya Anyaman. Selanjutnya,  dipertandingkan juga pasanggiri yang terdiri dari Pupuh, Ngadongeng, Baca Tulis Aksara Sunda, Menulis Carpon dan Borangan (Ngabodor Sorangan).

Lomba Non Akademik yang lain adalah Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) yang terdiri dari Atletik, Tenis meja, Bulutangkis, Catur, Sepakbola Mini, Bola Voli Mini, Senam, Renang, Pencaksilat, Karate dan Sepak Takraw. Kegiatan LTUB dan kegiatan keagaamaan Pentas PAI yang terdiri dari MTQ, MHQ, Pidato PAI, Lomba Adzan, Lomba Kesempurnaan Sholat, Kaligrafi, LCT PAI dan Qasidah.

Pada kesempatan itu dibentuk jug panitia kegiatan tingkat kecamatan dan yang terpilih adalah H. Saepuloh selaku Ketua Gugus 6 Kecamatan Cililin. Yang selanjutnya dibentuk kordinator kegiatan dan tim juri/wasit yang akan menyeleksi siswa terpilih untuk mewakili Kecamatan Cililin ke tingkat kabupaten. Kordinator kegiatan dipegang para kepala sekolah dan juri di serahkan pada guru yang digawangi oleh para ketua KKG.

Menurut Endang Kusnadi selaku ketua KKPS Cililin, bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mensinergikan semua komponen di Cililin agar Bersama sama mensukseskan kegiatan LMBKS agara terpilih siswa berprestasi, Endang menambahkan pula bahwa kegiatan ini harus sukses prestasi dan dan sukses administrasi yang berarti kegiatan ini harus sesuai regulasi kegiatan dan regulasi keuangan agar dikemudian hari tidak terjadi temuan dalam administrasi panitia dan sekolah. Sehingga sukses kegiatan ini tanpa ekses.

“Kegiatan hari semua komponen harus bersinergi, untuk suksesnya prestasi dan sukses admnistrasi penyelenggaraan,” imbuhnya.

Pada kegiatan tersebut, H. Saepuloh yang terpilih sebagai ketua berharap agar semua panitia secara kolektif kolegial dapat melaksanakan program ini secara kompak, kerja Ikhlas, kerja keras dan berintegritas, supaya kegiatan efektif efisien dan menghasilkan siswa yang berprestasi di bidang akademik dan non akademik.

Kegiatan LMBKS di atas, disepakati akan disesuaikan dengan masa pandemi Covid–19 dengan berbagai perkembangannya, di sesuaikan dengan level PPKM di Kab. Bandung Barat, untuk itu kegiatan ini akan diberi pilihan, yakni moda Daring dan Luring, serta harus dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat untuk menghindari potensi konsentrasi masa yang mengakibatkan kerumunan, menjaga jarak, memakai masker dan selalu mencuci tangan. Endang Kusnadi menambahkan agar kegiatan LMBKS di Kecamatan Cililin jangan menjadi cluster baru penularan covid-19 terutama varian omicron yang penularannnya sangat cepat.

Pada kesempatan itu pula dibuka sesi tanya jawab dalam rangka teknik pelaksanaan dan anggaran kegiatan, yang pada akhirnya semua bersepakat bahwa kegiatan ini harus terlaksana dengan baik dan dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab. Dan diharapkan setelah kegiatan ini ditindaklanjuti oleh rapat kerja panitia dan juri dengan penjadwalan yang telah disepakati. Semua peserta berharap kegiatan ini jadi momentum untuk kembali bergeliatnya prestasi pendidikan di Kecamatan Cililin.*

 

Reportase: Azis Ismail (KS SDN 3 Rancapanggung Cililin)

Editor: Adhyatnika GU