Lokakarya 7 Semarakan Program CGP Bandung Barat

Lembang-(Newsroom)- Sebanyak 24 stand menyemarakan kegiatan Lokakarya 7 program Calon Guru Penggerak (CGP) angkatan 4 Kab.Bandung Barat. Kegiatan yang diikuti oleh 126 CGP tersebut, menampilkan sejumlah aksi nyata dan praktik baik dalam bentuk produk unggulan selama mereka mengikuti program CGP, berlangsung di SMPN 3 Lembang, Sabtu (15/10/22).

Kepala Dinas Pendidikan KBB, Asep Dendih, dalam sambutan yang disampaikan Kepala Bidang Pembinaan SMP (Kabid PSMP), Rustiyana, mengungkapkan kegiatan di atas merupakan rangkaian program CGP yang bertujuan untuk mewujudkan para pemimpin pembelajaran yang inovatif, kolaboratif, mandiri, dan senantiasa berpihak pada murid.

Disampaikannya juga, para guru yang mengikuti program CGP harus menjadi agen perubahan pendidikan. Sehingga, dalam kiprahnya mereka dapat meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di Bandung Barat.

“Para guru yang mengikuti program calon guru penggerak harus selalu menjad agen perubahan pendidikan. Dalam kesehariannya, sebagai pemimpin pembelajaran, diharapkan senantiasa mewujudkan ekosistem pembelajaran yang berpihak pada murid, inovatif, kreatif, dan kolaboratif. Hal tersebut sangat penting dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, khususnya di Bandung Barat,” ujar Rustiyana dalam sambutannya dihadapan para CGP dan tamu undangan.

Lebih jauh disampaikan Kabid PSMP, Disdik KBB telah mengeluarkan sejumlah kebijakan dalam rangka mendukung Merdeka Belajar yang diluncurkan pemerintah. Dengan adanya program CGP,  pihaknya sangat terbantu dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia unggul di bidang pendidikan.

Selanjutnya, masih menurut Rustiyana, dengan digulirkannya Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) oleh pemerintah, kehadiran CGP di lingkungan Dinas Pendidikan KBB, akan mempercepat setiap satuan pendidikan untuk mewujudkan pembelajaran yang akan mewujudkan para peserta didik yang unggul, berkarakter, sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

Sementara itu, Intan, perwakilan dari Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat, menyampaikan kegiatan Lokakarya 7 diharapkan menjadi momentum lahirnya para pemimpin pembelajaran yang senantiasa berpihak pada murid.

Di sisi lain,  Aip Sopian, salah seorang CGP dari SDN Cijambu Cipongkor, mengungkapkan Lokakarya 7 yang diselenggarakan oleh BBGP Jawa Barat, memberikan kesempatan kelompoknya untuk unjuk karya. Hal ini memberikan penguatan dirinya untuk senantiasa menjadi agen perubahan pendidikan di satuan pendidikannya.

Senada dengan Ade Sopyan, CGP lainnya. Menurutnya, selain Lokakarya 7 menampilkan program unggulan para CGP, juga mengadakan kegiatan saling berbagai praktik baik. Program ini sangat bermanfaat, karena pihaknya dapat mengambil sejumlah praktik baik yang dipresentasikan  para CGP. ***

Pewarta; Adhyatnika Geusan Ulun-Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat.

Sumber Berita: Harun, S.Pd (Pengajar Praktik PCGP4 Kemendikbudristek)