CITY TOUR SMP Daarut Tauhiid

Newsroom -SMP Daarut Tauhiid Boarding School menyelenggarakan City Tour dalam implementasi projek penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Batik Mengglobal, Merdeka Produk Global” melalui kegiatan mengunjungi Batik Komar dan Saung Angklung Udjo pada Rabu, (28 /9/ 2022). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian agenda pembelajaran berbasis projek /Project-based Learning (PjBL).

Tujuan diselenggarakannya rangkaian projek ini adalah untuk memfasilitasi siswa mendapatkan pembelajaran eksperimental sehingga kegiatan belajar menjadi lebih bermakna.

Yuli Ridawati selaku pengawas SMP Daarut Tauhiid Boarding School memberikan komentar bahwa kegiatan city tour ini sangat bermanfaat karena mampu menambah wawasan mengenai batik dan seni musik tradisional.

Euis Cahyati selaku koordinator projek  kegiatan, menyatakan ketika mengunjungi tempat lokakarya untuk belajar mengenai jenis batik, cara membuat batik dan mengkreasikan batik dengan motif yang dimodifikasi. Dalam sambutannya, Euis menyatakan bahwa kegiatan ini melatih kreatifitas dan kemandirian siswa untuk mampu berkreasi dan menjadikan karyanya tersebut memiliki nilai jual.

Lebih jauh ditekankan “Dengan diselenggarakannya projek ini diharapkan dapat melatih kreatifitas siswa untuk membuat batik sebagai salah satu budaya warisan bangsa serta menumbuhkan jiwa berwirausaha.”

Dalam kesempatan terpisah, Aditya Pamungkas sebagai perwakilan siswa menyampaikan kegiatan city tour sangat berkesan dan menyenangkan.

“Alhamdulillah di kegiatan city tour saya mendapat pengalaman baru, salah satunya melukis dan mencap batik. Selain itu saya juga bisa mencoba bermain instrumen angklung. Semoga kedepannya lebih banyak lagi kegiatan yang serupa,” ujarnya.

Setelah rangkaian city tour, siswa akan mengimplementasikan ilmu yang didapat untuk mampu menciptakan motif batik orisinil khas Daarut Tauhiid untuk kemudian dicetak dalam beragam media yang memiliki nilai jual seperti kain, kerudung, tempat minum, case handphone, sarung dan juga gantungan kunci.*

Sumber berita : Dyanti SMP Daarut Tauhid Boarding School
Pewarta : Budi Ruhiat