Redhaton Pertama di SMPN 5 Cipongkor

Oleh: Dini Anora, S.Pd
(SMPN 5 Cipongkor)

Tahun ini adalah kali keempat sekolah kami menjadi peserta TMBB, yang merupakan kegiatan unggulan dalam bidang literasi di Kabupaten Bandung Barat.

Kegiatan TMBB tahun ini terasa berbeda, di antaranya beberapa pembimbing baru kali pertama melaksanakan sebagai peserta, sebab guru pembimbing sebelumnya mutasi ke sekolah lain. Untuk itu kami benar-benar memulai kembali dari nol dengan bekal pemahaman prosedur dari tahun sebelumnya dan salah satu guru dari sekolah kami mengikuti bimtek sosialisasi pelaksanaan kegiatan tersebut beberapa waktu lalu.

Langkah pertama yang kami lakukan untuk memulai kegiatan TMBB adalah memperkenalkan kepada siswa terutama siswa kelas VII tentang materi kegiatan ini, lalu melakukan rekruitmen siswa sebagai peserta TMBB.

Alangkah bahagianya kami ketika melihat antusiasme siswa yang sangat tinggi untuk mengikuti kegiatan ini, dan pada akhirnya kami mendapatkan 20 siswa untuk empat guru pembimbing, masing-masing guru membimbing lima siswa.

Berdasarkan sosialisasi TMBB V yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat pada tanggal 7 sampai 9 September 2022 di Grand Hotel Takashimaya, Lembang, ada beberapa rangkaian kegiatan yang harus dilaksanakan, salah satu diantaranya adalah melaksanakan kegiatan readathon sebanyak dua kali dalam satu periode tantangan.

Readathon merupakan istilah untuk kegiatan membaca buku bersama-sama dalam waktu tertentu tanpa berhenti dengan teknik membaca senyap. Readathon berasal dari dua kata yaitu read dan marathon, kegiatan ini memang terinspirasi dari lomba lari marathon yang memiliki jarak sekitar 42,195 km.

Kegiatan hari ini adalah readathon pertama pada periode tantangan kali ini yang diikuti oleh seluruh siswa dan guru beserta staf SMPN 5 Cipongkor. Readathon dilaksanakan pada pagi hari sebelum dimulainya kegiatan pembelajaran. Peserta diwajibkan membaca satu buku yang tersedia di perpustakaan selama kurang lebih 30 menit.

Kemudian, peserta diminta untuk menuliskan identitas buku yang dibacanya dalam kertas berbentuk daun untuk nantinya akan ditempel ke dalam Pohon Geulis (gerakan untuk literasi sekolah) yang sebagian sudah tersedia di ruang kelas masing-masing, sebagai bentuk pengembangan motivasi jumlah bacaan peserta.

Tentunya kami berharap Pohon Geulis yang ada di sekolah kami akan tumbuh subur. Walaupun kami menyadari, keterbatasan jumlah buku bacaan yang tersedia di perpustakaan kami masih menjadi kendala.

Selain itu, salah satu peserta, dalam hal ini adalah siswa yang diwakili oleh Alda Sakila, kelas IX B, diminta untuk mengulas isi buku yang telah dibacanya lalu mempresentasikannya di hadapan peserta yang lainnya. Alda mengulas buku berjudul Tunjukan Siapa Dirimu! Yang dikarang oleh Bambang Qomaruzzaman.

Kegiatan readathon ini dinilai memberikan suasana yang berbeda, apalagi bagi siswa kelas VII. “Seru sekali bisa membaca secara bersama-sama dengan teman-teman lainnya di lapangan seperti ini,” kata Tasya, siswa kelas VII B.***

Profil Penulis

Dini Anora, lahir di Bandung, 5 Oktober 1986. Saat  ini penulis mengajar Bahasa Inggris di SMPN 5 Cipongkor. Menyelesaikan S1 Pendidikan Bahasa Inggris di STKIP Pasundan Cimahi tahun 2011. Pernah mengajar di SDN Sarinagen Kec. Cipongkor dari tahun 2004 sampai Akhir 2016, dan di SDN Kamojang Kec. Ibun, Kab. Bandung dari awal 2017 sampai 2019. Emai: dinianora@gmail.com, Instagram: @diniopeew

Pewarta/Editor: Adhyatnika Geusan Ulun