Ciptakan Generasi Tangguh, SMPN 2 Parongpong Gelar Pelantikan Pramuka

Parongpong (Newsroom)- Pelantikan anggota Pramuka perlu diselenggarakan sebagai salah satu menyelesaikan tugas dan kewajiban, dan untuk memenuhi syarat kecakapan umum (SKU), serta syarat kecakapan khusus (SKK). Seorang anggota Pramuka akan mendapat pengakuan dan pengesahan dari lingkungannya.

Demikian disampaikan Kepala SMPN 2 Parongpong, Yeti Resmiati, saat melantik 165 penggalang ramu di hadapan 20 pembina Pramuka. Menurutnya, kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan manusia yang berpedoman pada Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka.

Selain itu, kegiatan di atas merupakan agenda rutin sekolah yang menguji mental, terutama kesabaran dan keuletan anggota Pramuka. Pihaknya, masih menurut Yeti, mengucapkan terima kasih kepada para pembina yang telah menjadikan program tersebut berlangsung aman, tertib, dan kondusif, sesuai dengan yang direncanakan.

“Terima kasih kepada kakak-kakak pembina Pramuka yang telah melaksanakan acara pelantikan dengan aman, tertib, dan kondusif. Kami berharap agar semua yang telah dilantik memiliki mental yang baik. Terutama, kesabaran, dan keuletan yang nantinya sangat berguna ketika berada di lingkungan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Asep Kurnia, selaku pembina Pramuka, menyampaikan bahwa kegiatan pelantikan Pramuka penggalang ramu ini dilaksanakan dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat. Hal tersebut dilakukan agar para peserta tetap terjaga kesehatannya.

Lebih jauh disampaikan Asep, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, mulai Jumat-Sabtu, diakhiri dengan acara perkemahan. Kegiatan tersebut juga diisi dengan pemberian materi kedisiplinan yang disampaikan Babinsa Desa Ciwaruga, Asep Komarudin.

Selanjutnya, kegiatan diteruskan dengan tausyiah oleh ustaz Hamzah Dio Murtadlo, dengan materi tujuan hidup. Dilanjutkan dengan materi adab dan etika oleh Hanna Maulida. Kemudian, pelatihan dasar sebagai penggalang, seperti tali-temali, sandi, baris-berbaris, panjat tebing, mengenal indra perasa, dan mengenal seni daerah, dilaksanakan pada malam hari.

Di sisi lain, setelah penyematan lencana dan dasi Pramuka, Kepala SMPN 2 Parongpong menyampaikan inti kegiatan pelantikan pada dasarnya diprioritaskan untuk kegiatan sosial.

Ditandaskan Yeti, penguatan mental dan jiwa sosial merupakan hal yang harus dimiliki seorang anggota Pramuka. Diharapkan, mereka akan memahami tentang pentingnya menjadi pribadi yang bermanfaat bagi diri dan lingkungannya.

“Inti dari kegiatan pelantikan Pramuka penggalang ramu di SMPN 2 Parongpong ini pada dasarnya diprioritaskan dalam kegiatan sosial. Hal ini bertujuan untuk membentuk mental dan jiwa sosial pada tiap-tiap anggota pramuka. Mereka akan mengerti dan memahami bagaimana cara menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan maslahat bagi dirinya dan orang lain, dengan kerja keras, kerja cerdas, serta kerja tuntas,” tandasnya. ***

Pewarata: Adhyatnika Geusan Ulun-Sumber Berita dan Foto: Dra. Hj. Yeti Resmiati, MM. (Kepala SMPN 2 Parongpong).