MANFAATKAN ALAT MULTIMEDIA UNTUK PENINGKATAN MUTU SEKOLAH

NGAMPRAH-(NEWSROOM)-Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat, Asep Dendih mengemukakan bahwa alat multimedia yang telah diterima oleh sekolah jenjang SMP agar dapat dijadikan sarana peningkatan mutu pembelajaran di sekolah masing-masing. Dengan demikian, keberadaan alat tersebut dapat berkontribusi untuk peningkatan mutu sekolah karena peningkatan mutu sekolah merupakan langkah yang harus dilakukan terus-menerus oleh sekolah dengan memanfaatkan potensi internal dan eksternal.

“Kiriman alat multimedia pada sekolah jenjang SMP harus dijadikan sarana peningkatan mutu pembelajaran yang muaranya pada peningkatan mutu sekolah,” ungkap Asep Dendih di depan peserta Sosialisasi Alat Multimedia yang dilaksanakan di The Radiant Hotel Lembang, Rabu, (04/11/20).

Pada kegiatan sosialisasi yang diikuti oleh para guru jenjang SMP yang menerima alat multimedia tersebut dipaparkan bahwa perangkat alat multimedia yang sudah diserahkan merupakan bantuan keuangan dari Prov. Jawa Barat. Penyediaan alat multimedia tersebut dilakukan dalam upaya merespons era revolusi industri 4.0 yang menuntut sekolah untuk dapat membiasakan seluruh warga sekolah agar dapat memanfaatkan perangkat digital. Dengan upaya tersebut seluruh warga sekolah diharapkan memiliki kepiawaian dalam memanfaatkan perangkat digital untuk menghadapi fenomena kehidupan masa kini dan masa depan.

“Untuk menghadapi kehidupan era revolusi industri 4.0, seluruh warga sekolah harus terbiasa dengan pemanfaatan perangkat digital karena kompetensi itu merupakan modal yang harus dimiliki dalam mengarungi kehidupan saat ini dan masa depan,” tutur Asep Dendih.

Dalam kesempatan yang sama Dadang A. Sapardan, Kepala Bidang Pendidikan SMP menyampaikan bahwa tuntutan akan kepemilikan perangkat digital pada sekolah merupakan hal yang wajib. Sekolah menjadi agen perubahan yang harus care dalam menyiapkan generasi masa depan handal. Untuk itu, pembiasaan atas seluruh warga sekolah sehingga mampu memanfatkan perangkat digital manjadi langkah strategis dalam menyiapkan generasi handal. Karena itulah, Bidang Pendidikan SMP menstimulasi dengan alat multimedia agar sekolah dapat melahirkan warga sekolah yang melek perangkat digital

“Untuk melahirkan warga sekolah yang piawai dalam memanfaatkan perangkat digital, Bidang Pendidikan SMP menstimulasi sekolah dengan alat multimedia,”

Agar perangkat yang dikirim ke sekolah dapat fungsional, seluruh unsur warga sekolah yang mendapat bantuan harus memiliki pemahaman komprehensif terkait dengan pengoperasionalan dan pemanfaatan alat. Melalui sosialisasi yang diselenggarakan tersebut peserta diharapkan memiliki pemahaman dalam pengoperasionalan dan pemanfaatannya. Hasil sosialisasi wajib didiseminasikan kepada warga sekolah lainnya agar tidak terjadi maloperasional yang berdampak pada kerusakan perangkat. Langkah sosialisasi ini dilakukan karena perangkat multimedia memiliki tingkat sensitifitas tinggi sehingga sangat rentan mengalami kerusakan bila terjadi maloperasional.

“Alat yang diterima sekolah memiliki diharapkan dapat berfungsi sangat lama sehingga semua pihak harus menghindarkan diri dari maloperasional,” tutup Dadang A. Sapardan.

Sementara itu, Ipin Sudrajat, Kasi Sarana dan Prasarana menyampaikan bahwa kegiatan yang diselenggarakan merupakan sosialisasi atas pengiriman alat multimedia pada beberapa sekolah yang pada tahun 2020 ditunjuk untuk menjadi penerimanya. Idealnya, alat tersebut bisa dimiliki oleh seluruh sekolah jenjang SMP di Kab. Bandung Barat. Namun, baru beberapa sekolah saja yang dikirimi alat tersebut karena keterbatasan anggaran. Karena itu, sekolah yang menarima alat tersebut harus memanfaatkannya dengan optimal. Selain itu, disampaikan pula bahwa seluruh sekolah penerima harus melengkapi dan mengarsipkan seluruh administrasi yang berkenaan dengan alat tersebut. Dengan demikian, saat ada pemeriksaan dari pihak tertentu, seluruh administrasi sudah lengkap dan siap.

“Seluruh sekolah penerima wajib melengkapi dan mengarsipkan seluruh administrasi yang berkenaan dengan alat multimedia ini,” jelas Ipin Sudrajat di depan seluruh peserta sosialisasi.

Berita: DasARSS