Menumbuhkan Cinta Lingkungan Lewat Greenhouse dan Hutan Kecil Sekolah

Oleh: Sri Sutrianti, S.Pd
(Guru Mata Pelajaran IPA SMP N 3 Lembang)

kelas IX tampak sibuk di sekitar Greenhouse sekolah. Dengan penuh semangat, mereka menata tanaman, menggemburkan tanah, dan menyiram bibit sayuran yang baru ditanam. Greenhouse ini menjadi laboratorium hidup bagi para siswa untuk belajar tentang pertanian dan ekosistem tanaman.

Salah satu siswa menjelaskan, “Kami belajar cara menanam dan merawat tanaman dengan benar di greenhouse ini. Kami juga diajarkan tentang pentingnya tanaman untuk kesehatan lingkungan.”

Ibu Dewi Nurhayati, yang membimbing kegiatan ini, menyatakan bahwa kegiatan di Greenhouse bukan hanya sekedar menanam, tetapi juga mengajarkan siswa tentang siklus hidup tanaman, teknik bertani yang ramah lingkungan, dan pentingnya biodiversitas. “Kami ingin siswa memahami bahwa menjaga lingkungan bisa dimulai dari hal-hal kecil, seperti merawat tanaman,” tambahnya.

Tak jauh dari Greenhouse, berdiri hutan kecil sekolah yang rimbun. Hutan ini tidak hanya menjadi paru-paru hijau bagi lingkungan sekolah, tetapi juga sebagai tempat belajar di luar kelas. Siswa kelas VII hingga IX bergiliran merawat hutan ini, mulai dari membersihkan area, menanam pohon baru, hingga memantau pertumbuhan tanaman.

Ikmal, siswa kelas VII C, dengan bangga menunjukkan pohon yang baru ditanamnya enam bulan lalu. “Kami diberi tanggung jawab oleh guru Biologi untuk merawat pohon ini sampai besar. Setiap minggu kami mencatat pertumbuhannya dan memastikan tidak ada hama yang mengganggu.

Kepala Sekolah, Bapak Kusnad, menekankan bahwa hutan sekolah ini adalah bagian dari pendidikan karakter siswa. “Melalui kegiatan ini, kami ingin menanamkan rasa tanggung jawab dan kepedulian terhadap lingkungan. Kami berharap, siswa-siswi kami dapat membawa nilai-nilai ini ke dalam kehidupan sehari-hari mereka.”

Program Adiwiyata di SMPN 3 Lembang tidak hanya fokus pada penghijauan, tetapi juga pada penerapan prinsip-prinsip berkelanjutan dalam kehidupan sekolah sehari-hari. Di setiap kelas, terdapat tempat sampah terpisah untuk sampah organik dan anorganik, serta program daur ulang yang melibatkan seluruh warga sekolah.

Program ini mengajarkan kami untuk lebih bijak dalam merawat lingkungan  dan mengelola sampah, ungkap Revan (15), siswa kelas IX yang aktif sebagai kader Adiwiyata sekolah. Kami juga sering mengadakan kampanye kebersihan dan edukasi lingkungan kepada adik-adik kelas dan warga sekitar.

Kegiatan merawat Greenhouse dan Hutan sekolah di SMPN 3 Lembang,  merupakan upaya nyata dalam membangun kesadaran lingkungan di kalangan siswa. Dengan dukungan dari seluruh warga sekolah, program Adiwiyata di SMPN 3 Lembang diharapkan dapat terus berkembang dan menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain.

Di tengah tantangan perubahan iklim dan kerusakan lingkungan, upaya kecil yang dilakukan oleh siswa-siswi SMPN 3 Lembang ini memberikan harapan akan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Sebagaimana dikatakan oleh seorang guru IPA, Bapak Hilman Panji Firdaus, “Menjaga lingkungan adalah investasi kita untuk masa depan. Dan di sini, di SMPN 3 Lembang, kami memulainya dari sekarang, dari hal-hal kecil, bersama-sama.”.

Semoga kegiatan ini terus berjalan sesuai harapan.