Sehari Tanpa Asap Kendaraan di SMPN 3 Lembang: Langkah Menuju Sekolah Adiwiyata Nasional

Oleh: Sri Sutrianti, S.Pd
(Guru Mata Pelajaran IPA SMP N 3 Lembang)

Isu lingkungan semakin menjadi perhatian utama di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan adalah dengan mengurangi emisi gas buang dari kendaraan bermotor. SMPN 3 Lembang telah menginisiasi program “Sehari Tanpa Asap Kendaraan” yang dilaksanakan setiap hari Kamis. Program ini tidak hanya berkontribusi terhadap pengurangan polusi udara, tetapi juga mendukung upaya sekolah untuk mencapai predikat Adiwiyata Nasional.

Tujuan utama dari program “Sehari Tanpa Asap Kendaraan” di SMPN 3 Lembang adalah untuk:

  1. Mengurangi Emisi Karbon: Dengan tidak menggunakan kendaraan bermotor, emisi karbon di lingkungan sekolah dapat diminimalkan.
  2. Meningkatkan Kesadaran Lingkungan: Membentuk kesadaran warga sekolah tentang pentingnya menjaga kebersihan udara dan lingkungan.
  3. Mendorong Gaya Hidup Sehat: Meningkatkan aktivitas fisik warga sekolah melalui berjalan kaki atau bersepeda.
  4. Mendukung Program Adiwiyata: Mengintegrasikan praktik ramah lingkungan dalam keseharian sekolah sebagai bagian dari program Adiwiyata Nasional.

“Tujuan pendidikan bukan hanya untuk mengajarkan kita untuk menghasilkan lebih banyak barang; tetapi juga untuk mengajarkan kita untuk hidup lebih baik.”DAvid W. Orr

Implementasi Program

Setiap hari Kamis, seluruh warga SMPN 3 Lembang, termasuk siswa, guru, dan staf, berkomitmen untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor saat datang ke sekolah. Mereka dianjurkan untuk berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan transportasi umum yang ramah lingkungan. Program ini diawali dengan sosialisasi intensif melalui berbagai media i melaluiĀ  pengumuman di media sosial, dan kegiatan penyuluhan kepada seluruh warga sekolah .

Dampak Positif Program

1. Lingkungan Sekolah yang Lebih Bersih dan Sehat

Pengurangan emisi dari kendaraan bermotor berdampak langsung pada kualitas udara di sekitar sekolah. Dengan berkurangnya polusi udara, lingkungan sekolah menjadi lebih bersih dan sehat. Ini memberikan manfaat jangka panjang bagi kesehatan seluruh warga sekolah.

2. Peningkatan Kesadaran Lingkungan

Program ini berhasil meningkatkan kesadaran warga sekolah tentang pentingnya menjaga lingkungan. Melalui kegiatan ini, siswa belajar untuk lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar dan memahami dampak negatif dari polusi udara.

3. Kontribusi Terhadap Predikat Adiwiyata

SMPN 3 Lembang telah berkomitmen untuk mencapai predikat Adiwiyata Nasional. Program “Sehari Tanpa Asap Kendaraan” merupakan bagian integral dari upaya ini. Dengan menjalankan program yang mendukung kelestarian lingkungan, sekolah semakin mendekati kriteria yang ditetapkan dalam program Adiwiyata.

Tantangan dan Solusi

Implementasi program ini tidak tanpa tantangan. Beberapa warga sekolah mungkin merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan tidak menggunakan kendaraan bermotor. Untuk mengatasi hal ini, sekolah memberikan dukungan dengan menyediakan fasilitas parkir sepeda yang aman, serta mengadakan kampanye dan lomba terkait lingkungan untuk meningkatkan motivasi siswa.

Program “Sehari Tanpa Asap Kendaraan” di SMPN 3 Lembang adalah langkah konkret dalam mengurangi polusi udara dan mendukung keberhasilan program Adiwiyata Nasional. Melalui program ini, sekolah tidak hanya menciptakan lingkungan yang lebih sehat, tetapi juga mendidik generasi muda tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Dengan komitmen dan partisipasi aktif seluruh warga sekolah, SMPN 3 Lembang dapat menjadi contoh nyata bagi sekolah-sekolah lain dalam upaya menuju lingkungan yang lebih baik.

“Setiap langkah kecil untuk mengurangi polusi, termasuk dari kendaraan bermotor, adalah langkah menuju masa depan yang lebih hijau.”Greta Thunberg

Salam Hijau!