MGMP Bahasa Indonesia KBB Gelar Lomba di Bulan Bahasa 2022

Padalarang (Newsroom)– Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kabupaten Bandung Barat mengadakan kegiatan Bulan Bahasa Tahun 2022. Kegiatan rutin tersebut merupakan salah satu program kerja MGMP Bahasa Indonesia yang diikuti para juara dari 5 sub rayon SMP, diselenggarakan di SMPN 1 Padalarang, Sabtu (29/10/22).

Kepala Dinas Pendidikan KBB, Asep Dendih, dalam sambutannya yang disampaikan Kepala seksi pengembangan dan sarana prasarana SMP, Edi Saprudin, pihaknya mendukung penuh kegiatan di atas. Menurutnya, program ini diharapkan dapat menggali dan mengembangkan potensi siswa dalam bidang sastra Bahasa Indonesia.

“Peringatan Bulan Bahasa yang diselenggrakan MGMP Bahasa Indonesia ini, diharapkan dapat menggali dan mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang sastra Bahasa Indonesia,” ujarnya.

Senada dengan Suhartono, Ketua MKKS SMP KBB, menambahkan bahwa peringatan Bulan Bahasa pada tahun 2022 ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan semangat nasionalisme peserta didik, sehingga akan memunculkan cinta tanah air dan kecintaan terhadap bahasa persatuan, yakni Bahasa Indonesia.

“Selain diharapkan dapat menggali potensi para peserta didik dalam bidang sastra, juga dapat memuncukan rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap bahasa persatuan, Bahasa Indonesia,” imbuhnya.

Di sisi lain, Ketua MGMP Bahasa Indonesia KBB, N. Mimin Rukmini, mengungkapkan tujuan kegiatan di atas adalah untuk meningkatkan kualitas berbahasa dan bersastra Indonesia. Menurutnya, sesuai tema, yakni “Melalui Bulan Bahasa Kita Tingkatkan Kebanggaan Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia”, kegiatan ini pun digelar sebagai persiapan FLS2N, dan seleksi untuk jenjang perlombaan yang lebih tinggi.

“Kegiatan ini, selain untuk meningkatkan kualitas berbahasa dan bersastra Indonesia, juga sebagai persiapan FLS2N, dan seleksi untuk ajang seleksi tingkat Kabupaten untuk ke tingkat berikutnya,” ungkapnya.

Disampaikannya juga, kegiatan tersebut menghasilkan pemenang, yaitu Nazwa Fauziah sebagai Juara Pidato dari SMPN 2 Lembang. Kemudian, Hasbi Munawar Sidik, Juara Baca Puisi (SMP PP Baitul Izzah Nusantara). Sementara untuk Juara Cipta Puisi diraih oleh Salma Naila M. (SMPN 3 Padalarang), dan  Juara Cipta Cerita Pendek direbut oleh Gina Aulia Sahira (SMPN 3 Padalarang). ***

Pewarta: Riska Mutiara-Sumber Berita- Eti Suprapti (Guru Bahasa Indonesia SMPN 2 Batujajar)-Editor: Adhyatnika Geusan Ulun-Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat.