Suksesnya PKKS di SMPN 3 Ngamprah

Padalarang (Newsroom)– Dinas Pendidikan Kab.Bandung Barat melaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) di SMPN 3 Ngamprah. Kegiatan yang bertujuan untuk  memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dan supervisi pada sekolah yang dipimpinnya tersebut, melibatkan para pengawas pembina, dan warga sekolah, Selasa (1/11/22).

Hal di atas disampaikan Rondang Okinda, pengawas pembina selaku asesor mewakili Disdik KBB, dalam sambutannya dihadapan para guru dan warga sekolah. Menurutnya, selain untuk memperoleh data tentang peran dan fungsi kepala sekolah, juga kegiatan di atas dimaksudkan untuk mengevaluasi kinerja kepala sekolah selama satu tahun masa kepemimpinan di satuan pendidikan.

“PKS ini bertujuan untuk  memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dan supervisi pada sekolah yang dipimpinnya,” ujarnya.

Sementara itu, Asep Supriatna, asesor, menyampaikan kegiatan PKKS merupakan bentuk penilaian seorang kepala sekolah selama satu tahun melaksanakan tanggungjawab dan amanahnya dalam melaksanakan setiap program kerja.

Menurutnya, penilaian ini merupakan cek dan ricek, serta bentuk pengawasan agar kinerja kepala sekolah dapat terus sesuai dengan yang diharapkan. Selain Itu, PKKS ini merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data tentang kualitas pekerjaan kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya.

“Penilaian ini adalah bentuk penilaian dari kepala sekolah selama satu tahun melaksanakan tanggungjawab dan amanahnya dalam melaksanakan setiap program kerja. Penilaian ini merupakan cek dan ricek dan tentunya bentuk pengawasan agar Kinerja Kepala Sekolah dapat terus sesuai dengan yang diharapkan,” imbuhnya.

Di sisi lain, Kepala SMPN 3 Ngamprah, Mepi, mengungkapkan PKKS sangat penting untuk memotret sejumlah dokumentasi capaian sekolah yang dipimpinnya. Menurutnya, hal tersebut sangat bermanfaat dalam upaya pihaknya meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di sekolah yang dipimpinnya.

“PKKS sangat penting untuk memotret sejumlah dokumentasi capaian sekolah kami. Selain itu, hal tersebut sangat bermanfaat dalam upaya kami untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan,” ungkapnya.

Lebih jauh disampaikan Mepi, untuk menampilkan sejumlah capaian di SMPN 3 Ngamprah, maka dalam PKKS ditampilkan sejumlah acara, seperti upacara adat pedang pora dari ekstrakurikuler Paskibra dan Pramuka, tarian selamat datang dan rampak kendang dari ekskul seni tari. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan dari ekskul angklung dan paduan suara SMPN  Ngamprah.

Hal di atas, masih menurut Mepi, merupakan sebagian capaian yang berhasil dilaksanakan sesuai dengan porgram yang dicanangkan pihaknya. Termasuk, kerja sama para Wakasek dan guru, serta Komite sekolah yang telah menyukseskan kegiatan PKKS tersebut.

Ditandaskannya, hasil yang diperoleh dari kegiatan PKKS dapat meningkatkan kualitas sekolah, sehingga akan berdampak pada mutu lulusan sekolah kedepan.

“Harapan kami dari keluarga besar SMP Negeri 3 Ngamprah, PKKS ini bisa menambah kualitas sekolah dan memberikan hasil yang terbaik,” pungkasnya. ***

Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun-Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat-Sumber Berita: Nenden Lia Amalia, M.Pd. (SMPN 3 Ngamprah).