MGMP KBB Susun Soal Ujian Sekolah

Padalarang-(Newsroom). Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMP Kab. Bandung Barat (KBB) menyusun soal Ujian Sekolah (US). Kegiatan yang difasilitasi Dinas Pendidikan dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP KBB tersebut, diikuti oleh para pengurus dari lima sub rayon se-KBB diselenggarakan di SMPN 2 Padalarang, Kamis (10/3/22).

Ketua MKKS, Suhartono, menyampaikan kegiatan di atas merupakan agenda rutin pihaknya dalam mengakomodasi satuan pendidikan jenjang SMP dalam menyiapkan US sesuai dengan kalender akademik di bidang penilaian. Menurutnya, hal ini juga dilaksanakan sebagai peningkatan kualitas pelayanan pendidikan dan mendukung program yang dikeluarkan Dinas Pendidikan KBB.

“Kegiatan penyusunan Ujian Sekolah jenjang SMP merupakan program dalam rangka membantu sekolah dalam menyiapkan Ujian Sekolah sesuai dengan kalender akademik di bidang penilaian. Selain itu, hal ini juga dilaksanakan dalam rangka mendukung program yang dikeluarkan Disdik Bandung Barat sebagai salah satu peningkatan kualitas pelayanan pendidikan,” ujarnya.

Sementara itu, Eli Maftuh Falah, Pengawas Pembina Disdik KBB, menjelaskan penyusunan soal US merupakan upaya Dinas Pendidikan dalam meminimalisasi ‘learning loss’ yang terjadi saat kondisi pembelajaran di setiap sekolah belum sepenuhnya berjalan normal.

Di sisi lain, Titin Rostika, Ketua MGMP B. Inggris KBB, mengungkapkan diperlukan kecakapan para penyusun dalam merancang bentuk soal. Oleh karena itu, pihaknya dan para pengurus MGMP lainnya memulai penyusunan soal dari mendesain kisi-kisi soal terlebih dahulu. Sehingga hal ini memudahkan para penyusun dalam membuat soal yang sesuai dengan standarisasi penilaian yang baik dan benar.

Senada dengan N. Mimin Rukmini, Ketua MGMP Bahasa Indonesia, menambahkan penyusunan soal US pada tahun pelajaran 2021/2022 merupakan salah satu upaya pengurus MGMP dalam rangka memudahkan para guru untuk menyiapan bentuk penilaian di masing-masing mata pelajaran. Diharapkannya, kegiatan ini meningkatkan kecakapan para penyusun dalam membuat soal yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang telah ditentukan.***

Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun
Editor: Tim Newsroom