Penerapan Nilai dan Peran Guru Penggerak

Oleh: Herlina Hidayat, S. Pd., M.M
(SDN 2 Rajamandalakulon)

 

Memahami nilai-nilai dan peran Guru Penggerak sangat penting bagi setiap tenaga pendidik yang sedang mengikuti program pelatihan. Nilai-nilai tersebut perlu diterapkan oleh Calon Guru Penggerak (CGP) agar bisa menjadi pemimpin pembelajaran.

Mengutip laman Sekolah Penggerak, Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara aktif dengan mengembangkan kompetensi tenaga pendidik lainnya. Berikut nilai-nilai yang perlu diterapkan Guru Penggerak sebagaimana dihimpun dalam Modul Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak tulisan Aditya Dharma.

  1. Berpihak pada murid
  2. Kolaboratif
  3. Reflektif
  4. Inovatif
  5. Mandiri

Sedangkan peran dari Guru Penggerak yaitu sebagai pemimpin pembelajaran, coach bagi guru lain, pendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan murid dan penggerak komunitas praktisi.

Aksi nyata yang penulis lakukan dalam penerapan Nilai dan Peran Guru Penggerak sesuia dengan refleksi 4 P adalah:

  • Pembelajaran yang berpusat pada murid

Peran guru sebagai pemimpin pembelajaran dan perwujudan kepemimpinan murid diimpelmenatsikan dengan pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa menjadi aktif, kreatif, mandiri, kolaboratif, dan bernalar kritis. Pembelajaran yang dilakukan diantaranya diskusi kelompok, presentasi,dan bermain sambil belajar.

  • Inovatif

Penulis mengembangkan ide-ide dalam proses pembelajaran sehingga menjadi menarik, bermakna, dan menyenangkan. Dengan memanfaatkan teknologi penulis mengembangkan ide-ide yang kreatif seperti membuat pajangan kelas, mengembangkan LKPD, membuat alat peraga dan media pembelajaran yang bervariasi dalam proses pembelajaran sehingga menjadi menarik bagi siswa.

  • Menjadi pemimpin pembelajaran dan coach bagi guru lain

Penulis membuat program sekolah baik intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan kokurikuler. Dalam menjalankan peran sebagai coach bagi guru lain, penulis menemani dan menuntun rekan sejawat dalam menyusun, melaksanakan program kegiatan pembelajaran.

  • Kolaboratif

Penulis melakukan kolaborasi dengan teman sejawat dan pihak lain dalam pembelajaran. Penulis menjalin hubungan yang harmoni dengan siswa dan rekan sejawat dalam proses pembelajaran.

  • Reflektif

Penulis melakukan refleksi dengan cara merenung sendiri, meminta saran, dan masukan dari siswa, tean sejawat, orang tua siswa. Penulis merasa senang dalam melakukan aksi nyata ini karena sudah menerapkan nilai dan peran dari Guru Penggerak.

Penulis tertantang  memunculkan ide dan berinovasi saat melakukan aksi nyata dalam mengembangkan pembelajaran yang berpihak pada murid. Pembelajaran yang penulis dapat dari aksi nyata yaitu bahwa penulis harus terus belajar agar lenih sempurna. *

 

Profil Penulis
Herlina Hidayat yang lahir di Bandun, 31 Desember 1981. Penulis merupakan anak pertama dari tiga bersaudara Jenjang Pendidikan dimulai dari SDN Ganjarsari lulus tahun 1993, SMPN Bojong Purwakarta lulus 1996, SMUN 1 Cikalong Wetan lulus tahun 1999. Kuliah D2 di UPI PGSD dan lulus tahun 2002 Setelah lulus D2 penulis kemudian mengabdi menjadi guru honorer di SDN Ganjarsari dan pada tahun 2009 Alhamdulilah lulus menjadi PNS dan melanjutkan kuliah S1 di UT lulus tahun 2012, kemudian pendidikan terakhir melanjutkan S2 di STIE Pasundan dan lulus pada tahun 2022.