PERINGATI WCD 2021, SMPN 2 NGAMPRAH PERKENALKAN ‘SINCAN DORA’

Ngamprah-(Newsroom). SMPN 2 Ngamprah Kab. Bandung Barat menyambut World Cleanup Day (WCD) 2021 dengan mengoptimalkan pengelolaan sampah. Di kegiatan Hari Bersih-Bersih se Dunia yang melibatkan guru dan warga sekolah lainnya tersebut, diperkenalkan juga ‘Sincan Dora’ sebuah mesin pencacah sampah dengan menggunakan sepeda olahraga, Minggu (19/9/21).

Kepala SMPN 2 Ngamprah, Agus Samsu Permana, dalam sambutannya menyampaikan peringatan WCD 2021 di atas mengedukasi warga sekolah untuk selalu menjaga lingkungan agar bersih dan sehat. Menurutnya, hal ini sangat membantu sekolah dalam upaya mempersiapkan pembelajaran tatap muka terbatas yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Sehingga dalam pelaksanaannya kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan kondusif dan nyaman.

“Kegiatan WCD ini dapat menjembatani kebiasaan warga sekolah untuk menjaga lingkungan agar selalu bersih dan sehat. Semoga kegiatan di masa pandemi ini akan sangat bermanfaat bagi kebersihan dan Kesehatan di lingkungan sekolah. Sehingga pembelajaran tatap muka dapat segera dilaksanakan di SMPN 2 Ngamprah,” sambutnya.

Ditambahkannya juga, di momentum tersebut warga sekolah dapat belajar tentang teknis memilah sampah, baik organik maupun non-organik, dengan menggunakan mesin pencacah sampah sebelum dimasukkan ke dalam komposter. Mesin ini diberi nama Sincan Dora-mesin cacah sampah dengan Sepeda olah raga.

Sementara itu, Ketua Adiwiyata yang juga PKS Humas SMPN 2 Ngamprah,  Isrifah, mengatakan bahwa dia sangat berharap agar kegiatan ini  menjadi salah satu bentuk ungkapan syukur warga sekolah dalam menjaga lingkungan. Menurutnya, program Adiwiyata yang dicanangkan sekolah akan membuat warganya memiliki karakter yang semakin hari semakin baik dalam hal kepedulian terhadap lingkungan.

“Semoga kegiatan ini  dapat mewujudkan rasa syukur dan takwa semua warga sekolah kepada Allah Swt sebagaimana difirmankan-Nya dalam QS. Al-Araaf (96) : Hamba yang bertaqwa akan diberikan keberkahan dari langit dan bumi. Maka SMPN 2 Ngamprah sudah selayaknyalah  dijadikan sebagai sekolah Adiwiyata karena seluruh warga sekolahnya memiliki karakter peduli lingkungan . Terbukti dengan lingkungan sekolah yang kian hari semakin bersih dan rapih,” imbuhnya.

Lebih lanjut disampaikannya, dengan momentum WCD 2021 di atas diharapkan  semua warga  sekolah mulai membudayakan adaptasi kebiasaan baru, yakni dengan membawa misting dan tumbler setiap menjalankan aktivitasnya. Ditandaskannya, hal terpenting lagi adalah semua pihak harus belajar untuk memilah sampah sesuai dengan jenisnya, baik di sekolah , rumah, maupun di lingkungan sekitarnya.

“Diharapkan  semua warga  SMPN 2 Ngamprah harus membudayakan adaptasi kebiasaan baru saat ke sekolah, yaitu dengan membawa misting dan tumbler. Poin terpenting warga sekolah harus belajar untuk memilah sampah sesuai dengan jenisnya baik di sekolah , rumah dan  di lingkungan pada umumnya,” tandasnya.

Sumber Berita dan Foto: Hajjun Maclija (SMPN 2 Ngamprah)

Editor: Adhyatnika Geusan Ulun