Plt. Bupati Bandung Barat: HALAL BIHALAL Merupakan Momentum Tepat untuk Mempererat Silaturahim

Padalarang (Newsroom)- Halal Bihalal harus dijadikan sebagai wadah untuk merajut kembali kebersamaan semua elemen masyarakat. Dengan momentum tersebut, maka keberkahan sialturahim yang terdapat dalam Halal Bihalal dapat lebih bermakna jika seluruh warga Bandung Barat menyikapinya dengan saling bergandengan tangan untuk bersama-sama mewujudkan Bandung Barat BERKAH yang diridai Allah Swt.

Hal di atas disampaikan Plt. Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan,  dihadapan tamu undangan acara Silaturahim Halal Bihalal yang diselengarakan Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat di Aula Gedung LPMP Jawa Barat, Jumat (13/3/22).

“Setelah dua tahun terakhir, kita tidak dapat mengadakan kegiatan Halal Bihalal seperti ini, maka acara ini hendaknya menajdi momentum yang berharga untuk merajut kembali kebersamaan kita dalam mewujdukan visi Bandung Barat BERKAH yang diridai Allah Swt.,” papar Hengki Kurniawan dalam sambutannya.

Lebih jauh disampaikan Plt. Bupati, dalam mewujudkan cita-cita menuju Kabupaten Bandung Barat Kuat Ekonomi pada tahun 2030, maka pihaknya berharap bonus demografi yang melimpah di daerah ini, hendaknya mengoptimalkan seluruh potensi yang dimilikinya. Termasuk sumber daya manusia, pariwisata, pertanian, perkebunan, dan tentu saja sektor pendidikan yang merupakan cikal bakal lahirnya SDM yang tangguh, unggul dan berkarakter.

Berkaitan dengan kegiatan Halal Bihalal yang diselenggarakan Dinas Pendidikan, Plt. Bupati mengapresiasi segala upaya yang telah dilakukan jarajaran Disdik KBB, dalam upaya mencetak SDM-SDM unggul dari jenjang PAUD hingga sekolah menengah. Oleh karena itu, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru dan para praktisi pendidikan yang selalu konsisten dalam peningkatan pelayanan pendidikan kepada masyarakat Bandung Barat.

Sementara itu,  Kepala Dinas Pendidikan KBB, Asep Dendih, menyampaikan Silaturahmi Halal Bihalal digelar untuk merekatkan persatuah dan kesatuan seluruh unsur di lingkungan dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat. Oleh karen itu, pihaknya mengapresiasi dukungan penuh dari Plt. Bupati Bandung Barat yang tidak pernah henti menunjukkan keberpihakannya kepada dunia pendidikan.

Menurut Kadisdik, Keberpihakan yang selama ini dilakukakan Plt. Bupati Bandung Barat, seperti mengakomadasi lebih dari 3256 guru dan tenaga teknis lainnya untuk mengikuti seleksi P3K pada tahun 2021. Sehingga pada saat ini, Bandung Barat termasuk kabupaten dengan kuota P3K terbanyak.

“Kami mengapresiasi dukungan yang luar biasa Bapa Plt. Bupati Bandung Barat yang selalu menunjukkan keberpihakannya pada dunia pendidikan. hal yang paling menggembirakan adalah saat KBB menjadi kabupaten dengan kuota terbanyak dalam seleksi P3K pada tahun 2021. Sehingga saat ini, terdapat  1314 hasil seleksi yang siap menerima penomoran SK dari Kementerian Pendidikan. Dan pada tahap berikutnya,  di tahun 2022 ini, akan ada sekitar 1167 orang yang siap diikutsertakan dalam P3K,” ungkap Kadisdik saat memberikan sambutan.

Selain itu, masih kata Kadisdik, sejumlah capaian kemajuan pendidikan telah diraih oleh Kab. Bandung Barat, seperti peningkatan sumber daya manusia dengan berbagai pelatihan, peningkatan sarana prasarana sekolah, termasuk dalam kesejahteraan untuk para guru dan pengawas sekolah.

Seperti diketahui, Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat menyelenggarakan acara Silaturahmi Halal Bihalal dengan dihadari oleh seluruh perwakilan guru jenjang PAUD hingga sekolah menengah. Selain itu, turut hadir pula, Ibu Sonya Fatmala Hengki Kurniawan, Ma’mun Hidayat-Sekdis KBB, para Kepala Bidang dan Kepala Seksi dan jajarannya di lingkungan Disdik KBB.

Selanjutnya turut hadir, MKKS SMP, K3S SD, PGRI dari 16 cabang dan kabupaten Bandung Barat , PGTKI, HIPI, jajaran MUI KBB, para pengawas dan tamu undangan lainnya, serta para kepala sekolah dan guru yang menyaksikan secara daring melalui platform zoom meeting.

Kegiatan yang dibuka oleh penampilan Qasidah SDN Sadargalih Cihampelas, pembacaan ayat suci Al Quran oleh Qori Lutfi yang merupakan Guru SD, dilanjutkan sambutan dari Plt. Bupati Bandung Barat, Kadisdik KBB, dan silaturahim seluruh tamu undangan.

Di lain pihak, DR. Agus Idris, Sekretaris MUI KBB yang bertidank sebagai penceramah, dalam  uraian hikmah Halal Bihalal menyampaikan  momentum Halal Bihalal ini sangat luar biasa, saat semua pihak dapat bersilturahim.

Menurutnya, terdapat dua kanikmatan yang sering dilupakan, yakni kesehatan, saat semuanya harus bersyukur atas limpahan kesehatan dari Allah Swt sehingga dapat berkumpul bertatap muka dan bersilaturahim.  Berikutnya adalah kesempatan yang istimewa setelah kaum muslimin merayakan Hari raya Idul Fitri. Oleh karena itu, hendaknya tidak menunda-nunda kesempatan tersebut untuk saling memaafkan satu sama lain.

Lebih lanjut diuraikan tentang makna Halal Bihalal yang merupakan inovasi para guru dan ulama yang menyikapi fenomena kaum muslimin Indonesia yang harus dijaga keberlangsungannya. Hal tersebut dikarenakan momentum tersebut merupakan upaya untuk merajut kembali kebersamaan dan mempererat siltaurahmi sesama muslim untuk menuju keberkahan Allah Swt.

Agus Idris yang juga merupakan Kepala SMP Darul Falah 2 tersebut menyampaikan, sesuai dengan sambutan Plt. Bupati Bandung Barat, sudah saatnya seluruh warga masyarakat beriringan menuju keberkahan Allah Swt dengan mengoptimalkan segala potensi yang dimilikinya untuk selalu berbuat baik dan menyebarkan energi positif. Hal ini sesuai dengan semangat silaturahmi yang salah satunya menambah rizki, panjang usia, dan menolak bala. Inilah yang dimaksud dengan makna keberkahan, dan hal tersebut dengan visi Bandung Barat BERKAH yang dicetuskan Plt. Bupati Bandung Barat.

“Alhamdulillah kita memiliki Plt. Bupati yang cerdas dalam sejumlah program kebijakan. Salah satunya adalah visi BERKAH yang dicanangkannya, sarat dengan makna yang luar biasa. Selain beliau berharap agar Bandung Barat menjadi kabupaten yang tangguh dalam ekonominya, juga berharap agar masyarakatnya penuh dengan keberkahan dalam hidup dan kehidupannya. Semua itu, patut kita dukung agar cita-cita mulia tersebut dapat terwujud. Aamiin,” tandasnya.***

Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun – NEWSROOM Tim Peliput Berita Pendidikan Kab. Bandung Barat