HALAL BIHALAL Mengukuhkan Rasa Kebersamaan

Oleh:  Dra.Hj. Yeti Resmiati, M.M.

(Kepala SMPN 2 Parongpong)

Halal Bihalal merupakan kegiatan silaturahmi untuk saling memaafkan di momen spesial Idul Fitri.

Kegiatan Halal Bihalal pada saat Hari Raya Idul Fitri atau hari lebaran ini adalah tradisi khusus umat Islam di Indonesia.Biasanya Halal Bihalal juga diadakan di setiap lingkungan lembaga pendidikan.

Hari pertama masuk sekolah segenap guru dan tenaga administrasi SMPN 2 Parongpong telah diisi dengan kegiatan menyelenggarakan silaturahim Halal Bihalal. Kegiatan ini dilaksanakan  pada hari Senin, tanggal 9 Mei 2022 bertepatan dengan penanggalan hijriah 8 Syawal 1443 H. Kegiatan dilaksanakan di sekolah, kemudian dilanjutkan bersilaturahim ke rumah Kepala Sekolah di Cikidang Langensari.

Walaupun hari pertama masuk sekolah setelah libur hari raya selama dua pekan, namun segenap pendidik dan tenaga kependidikan semangat bersilaturahim bersama Keluarga Besar SMPN 2 Parongpong . Di tengah udara yang sejuk dan angin semilir, Penulis selaku Kepala  SMPN 2 Parongpong, berkesempatan untuk menyapa segenap GTK dan memberikan sedikit makna bahwa Halal Bihalal merupakan momentum untuk saling memaafkan.

Penulis menyampaikan bahwa tidak ada manusia yang luput dari kesalahan. Kadang ada kesalahan kepala sekolah kepada guru-guru atau tenaga administrasi,  kesalahan guru kepada anak didik, kesalahan anak didik kepada guru, bahkan kepada orang tua peserta didik. Oleh karena itu, dianjurkan kepada semua untuk saling meminta maaf dan saling memaafkan, tidak hanya sebatas lisan dan tulisan.

Seluruh kegiatan Halal Bihalal di SMPN 2 Parongpong tahun ini dapat dilakukan secara luring. Namun, untuk acaranya dilaksanakan sedikit berbeda, yaitu setelah selesai kegiatan di sekolah dilanjutkan dengan berkumpul di rumah agar kebersamaan lebih dekat dan lebih erat. Tentu saja dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Seperti diketahui, hampir dua tahun kita mendapatkan ujian dari Allah Swt dengan pandemi. Namun, kita harus terus  selalu berupaya mencari solusi terbaik dalam situasi dan kondisi sekarang ini. Halal bihalal ini menjadi momentum untuk saling mensucikan kembali di antara semua warga sekolah.

Pada kesempatan yang sama, Penulis mengungkapkan rasa syukur atas kegiatan di atas. Hal ini dikarenakan Halal Bihalal dapat menjalin kembali silaturahim dan silatul ilmi bersama Keluarga Besar SMPN 2 Parongpong. Momen Halal Bihalal tidak hanya menjadi tradisi agama, melainkan akan menjadi tradisi akademik tahunan di sekolah karena momen ini mencerminkan  bebagai sifat atau karakter. Karakter tersebut antara lain kekompakan, keharmonisan, kebersamaan, dan kesetiakawanan, dan empati, serta simpati.

Penulis berharap agar seluruh warga dan ekosistem sekolah lebih unggul dan berkualitas. Oleh karena itu, agar harapan ini tercapai, maka perlu adanya ikatan emosional bersama.  Selain itu, diperlukan saling mempereratnya dengan silaturahim. Semoga dengan mengucapkan kalimat ” Minal Aidin Wal Faizin“, kita dimasukkan ke dalam orang-orang yang fitrah, yakni orang-orang  yang  sejati, nuraninya suci, menyala , sehingga akan memiliki karakter baik dan selalu peduli kepada sesama, serta beruntung karena dosanya diampuni, dan amalan- amalan baiknya diterima oleh Allah Swt.

Setelah Penulis memberikan sambutan, acara dilanjutkan dengan tausiah mengenai hikmah Halal Bihalal oleh penceramah  Ustaz Asep Kurnia, S.PdI.

Dalam tausiahnya, Ustaz menyampaikan ciri- ciri orang yang sukses adalah orang yang paling bermanfaat untuk orang lain. Orang- orang yang diberikan amanah misalnya guru dituntut untuk selalu berbuat baik kepada orang lain dan kepada siapa saja, karena telah ditinggikan derajat ilmunya oleh Allah Swt.

Akhirnya, ucapan Minal Aidin Wal Faizin mengandung harapan agar setiap manusia harus selalu dalam keadaan baik. Mudah-mudahan amalan Ramadan yang telah dijalankan dapat membuat perlaku kita lebih baik. Semoga amalan Ramadan pada tahun ini menjadi latihan, sehingga setelahnya bisa menjadi lebih baik sampai pada Ramadan tahun yang akan datang. Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar Walillahilhamd. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.