SDN Cacaban Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Cipongkor (Newsroom)- SDN Cacaban Cipongkor menggelar kegiatan penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan yang iikuti oleh sejumlah guru Program Sekolah Penggerak (PSP), orang tua dan siswa tersebut, dilaksanakan sebagai upaya mengimplementasikan tahapan pelaksanaan Kurikulum Merdeka di Sekolah penggerak, Kamis (21/4/22).

Kepala SDN Cacaban, Rukmini, menyampaikan program di atas merupakan salah satu tahapan pelaksanaan proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Menurutnya, selain untuk mengimplentasikan tahapan Kurikulum Merdeka, juga menampilkan sejumlah karya yang dikemas dalam pameran produk siswa.

“Gelar Karya penguatan Profil pelajar Pancasila ini merupakan salah satu tahapan pelaksanaan proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Selain itu, kegiatan ini juga  untuk mengimplentasikan tahapan Kurikulum Merdeka dengan  menampilkan sejumlah karya yang dikemas dalam pameran produk siswa,” tuturnya.

Lebih jauh disampaikannya, pihaknya memarkan hasil karya siswa yang dipajang di sejumlah stand khusus. Hal ini sesuai dengan tema dengan melibatkan para orang tua yang sangat antusias mendukung dan turut serta dalam kegiatan tersebut.

Ditambahkannya, di stand pameran yang disediakan pihak sekolah ditampilkan banyak karya bertemakan gaya hidup berkelanjutan dan kearifan lokal. Sedangkan stand siswa didominasi oleh karya-karya yang bermuatan pendidikan karakter sesuai dengan profil Pelajar Pancasila.

Kegiatan yang disaksikan oleh para tamu undangan dari unsur KPPS, K3S, Komite sekolah, warga masyarakat di sekitar sekolah tersebut, dimeriahkan juga oleh penampilan seni tradisional, seperti tembang pupuh, rampak kendang, pencak silat, dan degung.

Sementara itu, Sutisna, Pengawas Bina, mengapresiasi terselengaranya kegiatan di atas. Menurutnya, acara tersebut dinilainya mampu menampilkan  secara utuh gambaran pelaksanaan kegiatan proyek penguatan profil pelajar Pancasila di SDN Cacaban.

“Kami mengapresiasi terselengaranya kegiatan di SDN Cacaban. Kegiatan ini mampu menampilkan  secara utuh gambaran pelaksanaan kegiatan proyek penguatan profil pelajar Pancasila di sekolah ini,” apresiasinya.

Senada dengan  Yulianti, Ketua Paguyuban Orang Tua, yang meyambut gembira kegiatan yang dilaksanakan SDN Cacaban. Pihaknya berharap kegiatan ini terus berlanjut karena dirasakan memberikan manfaat yang baik, selain juga  dapat menjadi ajang silaturahmi orang tua siswa.

“Kami meyambut gembira kegiatan yang dilaksanakan SDN Cacaban. Kami harap kegiatan ini terus berlanjut karena dirasakan memberikan manfaat yang baik, selain juga  dapat menjadi ajang silaturahmi orang tua siswa-siswi di SDN Cacaban,” pungkasnya.***

Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun-Kontributor: Rukmini, M.M.Pd (Kepala SDN Cacaban Cipongkor)