Seluruh SMP KBB Serentak Gelar Gladi ANBK

Bandung Barat (Neswroom)-  Seluruh SMP baik negeri maupun swasta di Kab.Bandung Barat (KBB) menyelenggarakan gladi asesmen nasional berbasis komputer (ANBK). Kegiatan yang merupakan rangkaian ANBK tersebut, bertujuan untuk mengukur kesiapan sekolah dalam  pelaksanaan program ini pada minggu depan (19/9).

Demikian disampaikan  Plt. Sekretaris Dinas Pendidikan KBB, Dadang A. Sapardan,  kepada Newsroom tim peliput berita pendidikan Bandung Barat melalui whatssap, Senin (12/9).

Lebih jauh disampaikan, sebanyak 67 SMP negeri dan 121 SMP swasta  yang ada di KBB melaksanakan ANBK dengan dua moda, yakni online dan semi online. Menurutnya, Dinas Pendidikan telah mempersiapkan penyelenggaraan ANBK dengan membentuk koordinator tingkat kabupaten.

Hal di atas, masih menurut Dadang A. Sapardan,  koordinator ANBK KBB  diharapkan dapat menyampaikan informasi dan menangani kemungkinan permasalah yang terjadi selama berlangsungnya kegiatan tersebut

“Saat ini tetdapat 188 SMP di KBB, terdiri dari 67 SMP negeri dan 121 SMP swasta yang akan melaksanakan ANBK dengan dua moda, yakni online dan semi online. Oleh karena itu, Dinas Pendidikan telah membentuk koordinator tingkat kabupaten yang akan bertugas untuk  memberikan informasi, sekaligus menangani kemungkinan permasalah yang terjadi selama berlangsungnya ANBK,” terangnya.

Sementara itu,  Kepala Bidang Pembinaan SMP, Rustiyana, menyampaikan sekolah penyelenggara ANBK, termasuk yang menginduk pelaksanaannya, agar menyiapkan sarana dan prasarana dengan sebaik mungkin. Menurutnya,  moda yang dilaksanakan pada ANBK tahun ini, yakni moda online dan semi online harus disikapi sekolah penyelenggara dengan mengantisipasi perangkat pendukung, termasuk akses internet.

“Sekolah penyelenggara ANBK, termasuk yang menginduk pelaksanaannya, agar menyiapkan sarana dan prasarana dengan sebaik mungkin. Pada tahun ini,  moda, yakni moda online dan semi online harus disikapi sekolah penyelenggara dengan mengantisipasi perangkat pendukung, termasuk akses internet,”  jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan Kabid,  sejumlah kiat dalam menghadapi ANBK, yakni para peserta diharuskan memantuhi jadwal yang telah disediakan penyelenggarra, menyimak penjelasan dan tata tertib ANBK, membaca soal yang diberikan dengan baik, dan mengerjakan soal tersebut sesuai dengan kondisi riil pembelajaran yang dilaksanakan sekolah

“Terdapat beberapa kiat dalam menghadapi ANBK, yakni para peserta diharuskan memantuhi jadwal yang telah disediakan penyelenggarra, menyimak penjelasan dan tata tertib ANBK, membaca soal yang diberikan dengan baik, dan mengerjakan soal tersebut sesuai dengan kondisi riil pembelajaran yang dilaksanakan sekolah. Dengan begitu, pelaksanaan ANBK akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” pungkasnya. ***

Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun -Newsroom Tim Peliput Berita Pndidikan Bandung Barat.