Serba-Serbi PPDB di SMPN 2 Parongpong

 

Oleh: Dra. Hj. Yeti Resmiati, M.M 

(Kepala SMPN 2 Parongpong)

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2022/2023 di lingkungan Dinas Pendidikan  Kab. Bandung Barat berlangsung selama tiga pekan.

Berdasarkan draf SK Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat Nomor 422/Kep1206-Disdik tanggal 18 Mei Tahun 2022, pendaftaran untuk Jalur Zonasi, Afirmasi, Prestasi, dan Perpindahan orang tua dilaksanakan dari tanggal 20 s.d 30 Juni Tahun 2022. Sedangkan untuk pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2022/ 2023 ini, dilaksanakan tanggal 4 Juli Tahun 2022 dan dilanjutkan dengan masa daftar ulang pada tanggal 5 s.d 8 Juli Tahun 2022.

Penulis selaku Kepala Sekolah mengungkapkan bahwa tahun ini, SMP Negeri 2 Parongpong memiliki daya tampung sejumlah 192 orang peserta didik untuk 6 rombongan belajar dengan rasio 32 siswa/kelas. Untuk itu, pembagian kuota dalam PPDB terdiri dari 132 orang  untuk jalur zonasi, 34 orang untuk jalur afirmasi, 22 orang untuk jalur prestasi dan 4 orang untuk jalur perpindahan orang tua.

Selanjutnya, seperti pada pelaksanaan PPDB tahun sebelumnya yang pendaftarannya dilakukan secara online, namun untuk tahun sekarang orang tua diarahkan mendaftar ke sekolah asal, kemudian data mereka akan dihimpun melalui bantuan operator sekolah dalam proses pengunggahan data secara online.

Penulis mengapresiasi apa yajg disampaikan oleh Eva Marviana , S.Pd-Wakasek Bidang Kesiswaan yang menghimbau para para orang tua agar tetap tenang dalam proses PPDB. Mereka harus cermat dalam memberikan data dan persyaratan kepada sekolah asal. Tahapan demi tahapan harus dilalui bagi PPDB, yaitu pendataan dan pendaftaran. Inilah yang harus dioptimalkan. Semuanya dimasukan persyaratan sesuai jalur yang dipilih, jelasnya.

Meskipun penerimaan peserta didik baru dapat dilaksanakan secara daring, masih terdapat orang tua melakukannya secara luring. Oleh karena itu,  Muhammad Rangga sebagai operator SMPN 2 Parongpong menjelaskan bahwa lebih dari 80% pendaftar memilih untuk secara langsung datang ke sekolah. Mereka membawa syarat-syarat yang diperlukan untuk di scan, jelasnya.

Membludaknya orang tua peserta didik yang datang dan mendaftar secara luring ke SMPN 2 Parongpong disebabkan beragam alasan, mulai dari merasa kesulitan dalam mengakses Web PPDB, lebih cepat dan mudah memahami secara langsung informasi di sekolah tujuan, sampai pada perasaan lebih tenang jika datang langsung ke sekolah.

Penulis juga menyampaikan dengan kondisi seperti ini, tentu saja panitia PPDB haruslah siap dan gesit, trengginas, cakap, cekatan, dan cergas, serta jenius untuk melayani para pendaftar.

Seluruh panitia PPDB harus sudah standby di sekolah mulai pukul 07.30. Panitia dibagi menjadi dua tim, yakni bagian verifikasi data, yang bertugas memberikan informasi berkaitan dengan syarat yang diperlukan serta pemeriksaan berkas pendaftar, dan bagian entri data yang bertugas untuk memasukkan data pendaftar ke aplikasi PPDB.

Tentunya, sebagai penyelenggara pendidikan kepada masyarakat, penulis mengucapkan rasa syukur karena ternyata dari tahun ke tahun jumlah yang mendaftar ke SMPN 2 Parongpong tidak pernah surut, malah semakin meningkat.

Penulis berharap agar seluruh siswa baru dapat menjadikan SMPN 2 Parongpong sebagai tempat untuk Tholabul Ilmi. Sebagaimana diriwayatkan Buhori Muslim
Tholabul ilmi faridhotun ala kulli muslim.” Artinya bahwa “Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim.” (HR.Buhori Muslim).

Hal tersebut selaras dengan Visi SMPN 2 Parongpong, yaitu BERSINAR –BERBUDAYA LITERASI, NASIONALIS, dan RELIGIUS. Insya Alloh, SMPN 2 Parongpong merupakan tempat untuk menimba ilmu dan mengembangkan bakat dan kemampuan sehingga seluruh peserta didik dapat menjadi pribadi-pribadi yang berakhlak mulia, memiliki pengetahuan, dan keterampilan yang kuat, sehat jasmani dan rohani, serta mencintai dan menjaga NKRI. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Penulis adalah Kepala SMPN 2 Parongpong Kab. Bandung Barat.

Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun – Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat.