Serunya DUPONG Berbagi dalam Khasanah Ramadhan

Oleh: Dra. HJ. YETI RESMIATI, M.M.

(Kepala SMPN 2 Parongpong)

Menumbuhkan kecintaan dan kegemaran terhadap kajian keagamaan di lingkungan lembaga pendidikan dapat diwujudkan dalam berbagai kegiatan, termasuk di dalamnya kegiatan penyelenggaraan pesantren kilat. Sesuai dengan Kalender Pendidikan yang tertuang dalam petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat Tahun Pelajaran 2021/ 2022.

Atas hal di atas, SMPN 2 Parongpong menyelenggarakan kegiatan pesantren kilat Ramadhan 1443 H. Program tersebut bertujuan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga amal ibadah selama bulan Ramadhan akan lebih berkesan dan bermakna bagi peserta didik.

Meski kegiatan dilaksanakan masih dalam situasi Pandemi, akan tetapi tidak boleh mengurangi semangat untuk berlomba -lomba dalam kebaikan. Selain itu, dengan kegiatan tersebut diharapkan adanya pemahaman terhadap keagamaan, sehingga akan tumbuh karakter religius pada diri peserta didik. Hal ini dikarenakan kegiatan Pesantren kilat merupakan miniatur yang sesungguhnya dalam penumbuhkembangan penguatan pendidikan karakter di sekolah.

Penulis selaku Kepala sekolah menyelenggarakan kegiatan pesantren kilat yang merupakan agenda rutin tahunan sebagai program berkala bidang kesiswaan pada bulan Ramadhan. Kegiatan yang dilaksanakan pada bulan Suci ini sebagai manifestasi mengisi kegiatan yang bermanfaat dan maslahat untuk mendapatkan pahala yang berlimpah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Tentunya, dalam kegiatan ini Satgas Covid – 19 sekolah lebih berdisiplin dengan tetap taat menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat.

Meskipun masih dalam kondisi Pandemi Covid -19, namun, setiap warga sekolah, terutama  peserta didik kelas 7 dan 8  dapat mengikutinya dengan semangat dan antusias. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari dari Selasa hingga Jumat, tanggal 19-22 April 2022.

Penulis menyadari kegiatan Sanlat dilaksanakan dengan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Selain kegiatan rutin seperti mengisi buku ramadhan, shalat Dhuha bersama, dan membaca asmaul husna, serta surat-surat pendek,  juga penyampaian materi  Ramadhan yang dilaksanakan sesuai mata pelajaran. Peserta didik belajar seperti biasa, namun materi pembelajaran tersebut terintegrasi dengan materi Pendidikan Agama Islam. Guru mata pelajaran memberikan materi pelajaran. Misalnya, Mata Pelajaran IPA mengajarkan mengenai pencemaran lingkungan, maka materi tersebut harus terintegrasi  PAI mengenai kewajiban untuk menjaga kebersihan. Selain itu, dijelaskan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Melalui materi terintegrasi PAI tersebut, diharapkan dapat memperluas pengetahuan, wawasan dan pola pikir peserta didik serta menambah pula keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt.

Sejumlah tanggapan dari guru, seperti Hj. Eva Marviana, S.Pd, selaku Wakasek Kesiswaan menyampaikan bahwa sebagai puncak kegiatan pesantren kilat, SMPN 2 Parongpong menyelenggarakan kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan pada hari Jumat, 22 April 2022 dengan tema  “DUPONG BERBAGI PADA SESAMA”. Kegiatan ini diselenggarakan dengan sumber dana dari infa Keluarga Besar Dupong, yakni diperoleh dari guru, peserta didik, dan orang tua yang memberikan secara sukarela. Setelah terkumpul, uang tersebut kemudian diperuntukkan bagi peserta didik yatim piatu, atau yang membutuhkan.

Terdapat 44 peserta didik mendapatkan santunan berupa beras dan sejumlah uang yang secara langsung disalurkan oleh Keluarga Besar SMPN 2 Parongpong dan Komite Sekolah. Selain itu, kegiatan pesantren kilat ini juga ditutup oleh kegiatan berupa ” RANTANG CINTA”  yang merupakan dukungan atas digulirkannya program Bulan Suci Berbagi on The Street (BUBOS), dengan memberikan nasi kotak kepada yang membutuhkan di sekitar lingkungan sekolah.

Dengan terlaksananya kegiatan pesantren kilat di SMP Negeri 2 Parongpong ini, diharapkan peserta didik mampu memahami materi pelajaran sekaligus memperluas wawasan dan mempertebal keimanannya kepada Allah Swt. Di samping itu, tumbuh kesadaran dan kepedulian kepada sesama sehingga akan tercipta kesalehan sosial dalam diri setiap peserta didik sehingga menjadikan mereka individu-individu yang memiliki kebermanfaatan bagi lingkungan masyarakatnya di sekitarnya. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Galeri Kegiatan