SMP DAARUT TAUHIID BOARDING SCHOOL GELAR KHOTMUL QUR’AN

Parongpong-(Newsroom). SMP Daarut Tauhiid Boarding School menyelenggarakan kegiatan rutinan Khotmul Qur’an. Kegiatan yang dilaksanakan secara langsung di Dome Eco Pesantren dan dapat disimak oleh orang tua siswa melalui siaran live di kanal YouTube tersebut, dihadiri oleh seluruh siswa, civitas dan jajaran manajemen sekolah, Senin (9/11/21).

Dalam sambutannya, Duden Aminudin selaku Kepala Sekolah SMP Daarut Tauhiid Boarding School menyampaikan kegiatan Khotmul Qur’an ini merupakan puncak dari pembiasaan budaya sekolah, yaitu ODOJ (One Day One Juz). Menurutnya, hal ini sebagai bentuk interaksi dengan Al-Qur’an yang sangat penting dalam kehidupan seorang muslim.

“Kegiatan Khotmul Qur’an ini merupakan puncak dari pembiasaan budaya sekolah, yaitu ODOJ (One Day One Juz).Hal ini sebagai bentuk interaksi dengan Al-Qur’an dengan membaca, mempelajari nilai kandungannya dan upaya mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga mengajak seluruh siswa dan civitas untuk bersama-sama membangun semangat karakter BAKU (Baik dan Kuat), yaitu perilaku ikhlas, jujur, tawadhu, berani disiplin dan tangguh. Lebih lanjut  disampaikan ebiasaan baik lainnya yang terus harus dipupuk adalah budaya BRTT, yakni budaya bersih, rapi, tertib, serta teratur dimanapun dan kapanpun.

Rangkaian kegiatan di atas dilanjutkan dengan pengumuman apresiasi bulanan bagi siswa yang terdiri dari beberapa kategori, di antaranya pencapaian MY (Mutaba’ah Yaumiah) atau amalan harian terbaik, hafalan Qur’an terbanyak, pembina apel bahasa terbaik dan apresiasi bagi siswa dengan karakter BAKU terbaik.

Di sisi lain, program Khotmul Qur’an di atas, dimeriahkan juga dengan penampilan kreasi siswa  kelas IX yang membawakan penampilan paduan suara islami. Kemudian, acara dilanjutkan dengan membaca Al-Qur’an bersama mulai dari Qs. At-Takasur hungga An-Nas dan diakhiri dengan do’a khatam Qur’an. Akhirnya, kegiatan ditutup dengan sesi kajian dan diskusi bersama Ustaz Herman tentang Perjuangan Rasulullah.

Dalam pemaparannya, Ustaz Herman menyampaikan bahwa Rasulullah adalah sebaik-baik manusia, dan sebagai umatnya wajib berlatih untuk membuktikan kecintaan kepadanya dengan perilaku taat dalam beribadah, konsisten melakukan kebaikan mulai dari hal yang sederhana, dan selalu semangat untuk menuntut ilmu.

“Rasulullah adalah sebaik-baik manusia, dan kita sebagai ummatnya dapat melatih untuk membuktikan kecintaan kepada Rasulullah dengan memunculkan perilaku taat dalam beribadah, konsisten melakukan kebaikan mulai dari hal yang sederhana, dan selalu semangat untuk menuntut ilmu. Intinya, kita harus selalu melakukan apa yang disukai oleh Allah dan sekuat tenaga berusaha untuk meninggalkan hal-hal yang tidak disukai oleh Allah,” paparnya.

Di lain pihak, salah seorang siswa SMP Daarut Tauhiid Boarding School, Achtar menyampaikan kesan selama mengikuti rangkaian kegiatan Khotmul Qur’an. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat menyenangkan dan menambah wawasan mengenai perjuangan Rasulullah dengan kemuliaan akhlaknya.

“Kegiatan khotmul qur’an ini sangat bagus karena memberikan banyak manfaat, terlebih tentang perjuangan Rasulullah untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan tangguh. Semuanya menjadi teladan dalam kehidupan kita sehari-hari,” tambahnya.

Pewarta: Budi Ruhiat

Sumber Berita dan Foto: Dyantie (Tim Humas SMP Daarut Tauhiid Boarding School)

Editor: Adhyatnika Geusan Ulun