SMP Daarut Tauhiid Gebyarkan Program CTPS

Parongpong (Newsroom)-SMP Daarut Tauhiid Boarding School Kampus Putra Eco Pesantren melaksanakan kegiatan gebyar CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun). Kegiatan yang diikuti oleh seluruh warga sekolah tersebut, diselenggarakan di Selasar Masjid Rahmatan Liil Alamin, Rabu (23/11/22).
Kepala SMP Daarut Tauhiid, Duden Aminudin, menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan secara meriah untuk memberikan pemahaman tentang CTPS. Menurutnya,  dengan sehat kita  bisa berbuat apapun, dengan sehat kita bisa beribadah, dengan sehat kita bisa berangkat ke sekolah.
“CTPS dibentuk sebagai salah satu bentuk dukungan kita sebagai sekolah Adiwiyata. CTPS ini diikuti oleh seluruh siswa dan civitas SMP Daarut Tauhiid. Selain itu, tujuan utama CTPS ini adalah membiasakan menjaga kebersihan dengan konsep Budaya Daarut Tauhiid yaitu BRTT (Bersih, Rapih, Tertib, Teratur. pen) dan BEBAS KOMIBA (Berantakan Rapihkan, Basah Keringkan, Kotor Bersihkan, Miring Luruskan, Bahaya Amankan. pen),” ujarnya
Sementara itu, Dian Fahlupi selaku Koordinator CTPS mengungkapkan bahwa dengan adanya kegiatan CTPS ini diharapkan seluruh siswa maupun civitas mampu untuk mencuci tangan pakai sabun agar seluruh civitas hidup bersih dan sehat. Menurutnya, kegiatan gebyar CTPS ini memberikan edukasi tentang pentingnya cuci tangan, serta adanya pengisian formulir monitoring pembiasaan cuci tangan pakai sabun selama satu bulan penuh untuk diceklis oleh seluruh santri saat melakukan kegiatan.
Di sisi lain, Susan Nida, guru SMP Daarut Tauhiid, menyampaikan bahwa gebyar CTPS ini diharapkan  menjadi kebiasaan sehari-hari untuk mencuci tangan pakai sabun. Harapan dan hikmah untuk program CTPS ini adalah seluruh civitas membudayakan cuci tangan pakai sabun sehingga kita terhindar dari penyakit.
Disampaikannya, terdapat lima langkah cuci tangan pakai sabun, yaitu 1. Basahi seluruh tangan dengan air mengalir; 2. Gosok sabun ke telapak punggung tangan dan sela jari; 3. Bersihkan bagian bawah kuku-kuku; 4. Bilas tangan dengan air bersih mengalir; 5. Keringkan tangan dengan handuk/tisu atau keringkan dengan diangin-anginkan.
“Masa depan kita di tangan kita. Mari beraksi bersama untuk membuat CTPS nyata bagi semua,” pungkasnya.***

Kontributor: Herri Setiawan,S.Pd.Gr. (SMP Daarut Tauhiid)- Sumber Berita: Dian Fahlupi Hidayat, AMd.Keb (Koordinator CTPS)
Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun-Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat.